Kompas.com - 27/12/2020, 20:43 WIB
Musisi legendaris Iwan Fals saat ditemui di kawasan Cipete Utara, Selasa (14/1/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIMusisi legendaris Iwan Fals saat ditemui di kawasan Cipete Utara, Selasa (14/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum meraih gelar sarjana, Iwan Fals ternyata pernah kesal saat seorang teman menyebut soal perkuliahan dan menyayangkan keputusannya yang tak menyelesaikan kuliah.

Saat itu, Iwan Fals sedang mengunjungi kampusnya dan bertemu teman seangkatan yang kebetulan sudah menjadi dosen di kampus tersebut.

Setelah bicara panjang lebar, teman Iwan Fals tersebut mulai membahas tentang kuliah yang tak selesai.

Kemudian, berandai-andai apabila Iwan Fals tetap kuliah mungkin sudah menjadi dosen.

Baca juga: Tak Selesaikan Kuliah, Iwan Fals Minta Maaf pada Ibunya

"Wah lama-lama kuping saya panas juga denger. Maksudnya mungkin menyemangati, tapi wah karena saya belum sampai ke situ jadi agak panas-panas gimana kuping," ucap Iwan Fals dikutip dari YouTube Iwan Fals Musica, Minggu (27/12/2020).

Akhirnya, Iwan Fals memutuskan untuk bicara pada temannya sebagai jawaban atas nasihat tersebut.

"Akhirnya saya ngomong sama dia, 'Ji, ah coba lu keluar dari sekolah, enggak lanjutin, lu pasti jadi penyanyi kayak gue'," kata Iwan Fals mengingat ucapannya saat itu, lantas tertawa.

Entah merasa tersinggung atau memang ada jadwal mengajar di kelas, teman tersebut disebut langsung pergi meninggalkan Iwan Fals.

"Kesinggung atau gimana, dia pergi ninggalin saya," ucap Iwan Fals diiringi tawa.

Sebelumnya, Iwan Fals mengungkapkan tidak melanjutkan kuliahnya di tiga universitas berbeda. Akibatnya, ia tidak mendapat gelar sarjana.

Namun, Iwan Fals mengungkapkan keinginannya untuk kembali belajar masih menggebu. Bukan demi mendapat gelar sarjana semata, melainkan untuk mendapat ilmu.

Baca juga: Lagu Sarjana Muda Kegelisahan Iwan Fals Lihat Banyak Sarjana yang Menganggur


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X