Kompas.com - 08/12/2020, 14:22 WIB
Butet Kartaredjasaditemui di Rumah Duka Dusun Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Rabu (4/11/2020). KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOButet Kartaredjasaditemui di Rumah Duka Dusun Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Rabu (4/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari seniman dan aktor ternama, Butet Kartaredjasa (59) mencoba bercocok tanam dengan menanam singkong dan lemon.

Bagi seniman asal Yogyakarta itu, dalam kondisi seperti sekarang ini yang terpenting adalah bisa bertahan hidup.

Baca juga: Hadapi Pandemi Corona, Butet Kartaredjasa Tanam Singkong dan Lemon

"Saya akan lihat yang real, yang nyata, dipegang hasilnya, bisa dijual untuk survive," ucap Butet dikutip dari konten Beginu, Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Tidak ada yang salah jika seorang seniman lantas berpindah ke jalur bercocok tanam.

Menurut Butet, stigma mengotak-kotakan bidang itu merupakan cara berpikir orang akademik.

Baca juga: [POPULER HYPE] Komedian Omas Meninggal Dunia | Pada Jokowi, Butet Kartaredjasa Ceritakan Kondisi Pekerja Seni di Masa Pandemi

"Orang-orang akademik itu kan berpikir sektoral. Seni pun gitu, kalau lu sastra di situ aja ngendon, kalau orang sastrawan, melukis, dianggap meninggalkan atau berkhianat," ujar seniman asal Yogyakarta itu.

"Itu cara berpikir akademik, semua dikotak-kotakan. Bagi saya, enggak ada batas teritori di dalam kesenian maupun di dalam hidup ini," lanjutnya.

Baca juga: Kepada Jokowi, Butet Kartaredjasa Tegaskan Pekerja Seni Bukan Hanya Artis Layar Kaca dan Media Sosial

Justru dengan banyak belajar, Butet menemukan semua bidang ilmu sebenarnya terkoneksi satu sama lain.

"Saya bukan orang akademik, cuma lulusan SMA, saya abaikan semua pengotak-kotakan, enggak ada teritori dalam hidup ini," tegasnya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X