Kompas.com - 08/12/2020, 08:01 WIB
Pesinden Soimah IMDB.comPesinden Soimah

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikenal sebagai artis yang memiliki hobi bercocok tanam, pesinden Soimah memenuhi rumahnya dengan berbagai jenis tanaman. Dari yang mahal berharga jutaan hingga yang diperolehnya secara gratis.

Dari hobinya selama pandemi, Soimah bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta.Seseru apa hobi wanita kelahiran Pati, Jawa Tengah 40 tahun lalu itu, simak kisahnya.

Ada tanaman hasil ambil milik stasiun tv

Meskipun memiliki tanaman yang sedang hits dan disebut-sebut harganya mahal, Soimah tapi tak selalu beli.

Ia juga memiliki tanaman yang diperoleh dari hasil mengambil. Hal itu diungkap Soimah ketika menjelaskan hobinya yang tidak selalu mengeluarkan uang.

"Ini hasil ambil dari halaman Indosiar. Aku ambil pucuk-pucuknya, lucu toh," kata Soimah membanggakan tanamannya yang tumbuh sehat.

Bahagia ada di toko tanaman

Sebagai pencinta tanaman, mata Soimah langsung berbinar-binar ketika diajak Irfan Hakim ke toko tanaman yang menjual berbagai jenis tanaman berharga jutaan.

Beberapa kali ia terlihat bertepuk tangan ketika melihat ada tanaman yang tidak dimiliki.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Aku daripada nang mol-mol, (ke mal-mal), neng ngene-ngene iki (di tempat-tempat ini) aku betah," ujar Soimah.

Hobi tapi tetap memikirkan budget

Meskipun mengaku hobi, menurut suami Soimah, Herwan Prandoko atau Koko, Soimah tahu diri jika memang menemukan tanaman dengan harga yang sangat fantastis.

"Ini belum seberapa, ini nahan, (soalnya) collector item, itu bisa nahan. Tapi yang belum punya, makanya (cari) yang kecil-kecil, dia pengin punya, enggak harus yang gede," kata Koko.

Hobi yang mendatangkan uang

Dari kesenangannya bercocok tanam itu, Soimah bisa merasakan manfaatnya. Seperti selama pandemi ini, dalam satu bulan dia bisa meraup keuntungan hingga Rp 20 juta.

"Waktu itu waktu di Yogyakarta beberapa bulan, per bulannya entuk Rp 15 juta -20 juta, lumayanlah dari tanduran," ucap Soimah.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X