Kerajaan Inggris Desak Netflix Cantumkan Label Fiksi untuk Serial The Crown

Kompas.com - 30/11/2020, 12:32 WIB
Putri Diana muda yang diperankan oleh Emma Corrin dalam serial The Crown season 4. InsiderPutri Diana muda yang diperankan oleh Emma Corrin dalam serial The Crown season 4.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Kerajaan Inggris mendesak layanan streaming Netflix untuk melabeli serial The Crown sebagai cerita fiksi. 

"Ini adalah karya fiksi yang diproduksi dengan sangat indah, sama halnya seperti serial TV lainnya. Netflix seharusnya lebih jelas sejak awal," kata Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden berbicara kepada Dailymail, seperti dilansir Kompas.com dari The Guardian, Senin (30/11/2020).

Oliver Dowden menambahkan, ada kekhawatiran para penonton akan menganggap cerita yang diangkat dalam The Crown sebagai fakta, bukan fiksi.

Baca juga: Alasan Pangeran William Enggan Tonton Serial Populer The Crown

"Tanpa ini (label cerita fiksi), saya takut generasi penonton yang tidak melewati peristiwanya menganggap cerita fiksi ini sebagai fakta," ujarnya lagi. 

Sejauh ini Netflix hanya memberikan peringatan bahwa The Crown memuat adegan telanjang, seks, kekerasan, dan bunuh diri.

Dengan muatan adegan seperti di atas, The Crown hanya bisa ditonton oleh pelanggan berusia 15 tahun ke atas.

Baca juga: Sinopsis The Crown Season 4, Tayang 15 November di Netflix

Oliver Dowden rencananya akan mengirim peringatan tertulis resmi kepada Netflix untuk menambahkan keterangan cerita fiksi sebelum serial itu tayang.

The Crown menjadi perbincangan hangat lantaran episode terbarunya mengangkat cerita kehancuran pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana.

Cerita yang ditulis oleh Peter Morgan ini dianggap menghancurkan citra Kerajaan Inggris.

Menurut data yang dirilis Netflix, The Crown sudah memiliki lebih dari 70 juta penonton di seluruh dunia yang menyaksikan perjalanannya hingga musim keempat.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X