Kompas.com - 12/11/2020, 17:50 WIB
Nicholas Saputra saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2019). KOMPAS.com/IRA GITANicholas Saputra saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagi pengalaman belajarnya semasa sekolah, aktor Nicholas Saputra mengatakan dirinya dulu tak luput dari kejenuhan.

Nicholas Saputra berujar, semua orang pasti pernah mengalami jenuh, lelah, dan sebagainya saat belajar.

Menurutnya, istirahat sejenak juga perlu dilakukan di tengah belajar untuk menghilangkan rasa penat.

"Tapi satu hal yang saya alami dan pelajari, refreshing itu juga perlu kok. Refreshing itu kita butuhkan untuk memberikan jeda, memberikan diri kita sendiri waktu untuk menerima ilmu yang lebih banyak lagi," tutur Nicholas Saputra dalam konferensi pers virtual Ruang Guru, Kamis (12/11/2020).

"Kalau memang jenuh dan menemukan hambatan, tidak apa-apa untuk relax, rekreasi sesekali," ujar pemain film Aruna dan Lidahnya ini melanjutkan.

Baca juga: Alasan Dulu Nicholas Saputra Masuk PTN, Tak Ingin Beratkan Orangtua

Nicholas Saputra juga mengatakan, memiliki lingkungan pertemanan yang mempunyai misi sama juga penting.

Pasalnya, menurut Nicholas Saputra, teman dengan misi sama akan membantu dalam motivasi belajar.

"Saya ingat ada sekelompok teman yang kita dekat dan juga ingin sekali bisa kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Kita kumpul sebelum ujian, saling tukar pikiran, saling tanya, belajar satu sama lain. Jadi kolaborasi itu bisa menjadi cara untuk paling tidak kita tahu kita tidak sendiri," ujar Nicholas Saputra.

Bagi pemeran Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta? ini, belajar pun tak terbatas hanya di institusi formal tetapi juga dari kehidupan sehari-hari.

Selain itu, baginya pendidikan tak terbatas oleh waktu alias seumur hidup.

Baca juga: Hobi Berkebun Nicholas Saputra, Berkat Sang Kakek Jadi Cintai Alam


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X