Kecewa dengan Proyek "Jurassic Park" Pulau Rinca, Melanie Subono: Maafkan Kami, Komodo

Kompas.com - 26/10/2020, 11:20 WIB
Cucu keponakan mendiang BJ Habibie, Melanie Subono saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/2/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Cucu keponakan mendiang BJ Habibie, Melanie Subono saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kawasan taman nasional yang akan mengalami perubahan desain secara signifikan adalah Pulau Rinca di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Pulau habitat hewan langka komodo ini rencananya disulap besar-besaran oleh pemerintah dan investor swasta sebagai destinasi wisata premium.

Melihat hal ini, banyak pihak yang menyatakan sikap kontra lewat media sosial, tak terkecuali penyanyi Melanie Subono.

Cucu keponakan mantan Presiden BJ Habibie ini menunjukkan penolakan proyek ini dengan mengunggah sebuah foto yang viral di Instagram.

Dalam foto tersebut, tampak seekor komodo berada dekat dari bagian moncong truk yang membawa material proyek.

Baca juga: Cerita Sedih Melanie Subono tentang Kematian Anjing Pitbull-nya

Melanie juga menulis keterangan foto yang sarat dengan nada satire.

Sebelum tidur, mari merenung … apalagi yang belum dihancurkan beliau-beliau,” tulis Melanie seperti dikutip Kompas.com pada akun Instagram-nya, @melaniesubono, Senin (26/10/2020).

Putri pendiri Java Musikindo, Adie Subono, ini juga mengungkapkan permohonan maaf pada komodo, serta menyatakan kekesalannya pada pemerintah.

Maafkan kami komodo ... hotel dll bukan habitat mu, yang kami ajak bicara hanyalah tembok uang tanpa hati. Batu,” sambung Melanie.

Dengan nada kecewa, Melanie juga menyinggung soal reinkarnasi reptil langka tersebut bila proyek Jurassic Park tetap dijalankan.

“Semoga reinkarnasinya (pihak penyelenggara proyek) pada jadi kecoak nanti,” lanjut dia. 

Baca juga: Melanie Subono: Bergaul dengan Binatang, Gua Jadi Manusia yang Lebih Baik

Diketahui, Pulau Komodo dan Pulau Rinca sendiri sudah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1980 untuk melindungi satwa komodo atau Varanus komodoensis, hewan endemik purba yang hanya bisa ditemukan di NTT.

Namun, proyek di TN Komodo tersebut kini telah dimasukkan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hingga sekarang, proyek bertajuk "Jurassic Park" ini masih terus menuai polemik dan protes dari berbagai pihak.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X