Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PARFI Beri Modal UMKM untuk Pekerja Seni yang Terdampak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 24/09/2020, 20:02 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Marcella Zalianty mengatakan, pekerja film banyak yang kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19.

PARFI 1956 bekerja sama dengan Kadin UMKM, Yayasan Generasi Lintas Budaya, dan bersama para ahli yang memahami usaha mikro kecil dan menegah mengadakan Gerakan Bangun Bersama Pekerja Seni.

Baca juga: Ketegaran Marcella Zalianty Rawat Putra Keduanya yang Idap Tumor Otak

Gerakan tersebut bertujuan untuk membantu para pekerja seni yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19.

“Kita mengadakan Gerakan Bangun Bersama Pekerja Seni melalui bantuan modal UMKM, kenapa modal UMKM? Karena UMKM sangat penting untuk menopang perekonomian Indonesia,” ujar Marcella Zalianty saat konferensi pers online, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Marcella Zalianty Syok Ketika Tumor Otak Anaknya Kambuh

Marcella menuturkan ratusan proposal mengenai usaha mikro kecil dan menengah yang datang dari para pekerja seni dipilih 21 nominasi untuk mendapat bantuan.

Bantuan berupa dana tersebut di dapat dari konser dan BLT yang dilaksanakan PARFI 56 bersama dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo untuk membantu para pekerja seni yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Kegamangan Marcella Zalianty Menunggu Anaknya Operasi Tumor Otak Selama 10 Jam

“Dari 152 proposal yang masuk untuk pengajuan dana untuk UMKM ini akhirnya kita menyeleksi ada 21 nominasi yang dianggap usaha ini tidak hanya menarik, tapi juga sekiranya ada impact sistem ability ekonomi,” ujar Marcella.

Selain itu, penilaian juga dilihat dari seberapa besar usaha tersebut dapat melestarikan budaya-budaya Indonesia.

Baca juga: Cerita Marcella Zalianty Saat Sang Putra Idap Tumor Otak, Begini Gejalanya

“Kita lihat punya peran melestarikan budaya, sudah ada beberapa nama, Insya Allah akan kita berikan bantuan sekaligus saya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta,” tutur Marcella Zalianty.

Dari 21 nominasi tersebut, mereka membuka jenis usaha seperti di antaranya adalah membuat alat musik dari bambu, makanan dan minuman khas daerah, mainan tradisional dan lainnya.

Baca juga: Marcella Zalianty Pernah Tolak Ananda Mikola Saat SMP

21 nominasi tersebut berasal dari pekerja di bidang seni teater, film, musik, dan penyanyi yang berdomisili dari berbagai daerah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com