Kilas Balik BTS di Sidang Umum PBB 2018, RM Ajak Cintai Diri Sendiri

Kompas.com - 23/09/2020, 11:46 WIB
BTS mengaku sangat bahagia jelang perilisian album Map of the Soul: 7 SoompiBTS mengaku sangat bahagia jelang perilisian album Map of the Soul: 7

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup idol BTS telah diumumkan akan kembali membuka sidang Majelis Umum ke-75 PBB, hari ini, Rabu (23/9/2020).

Kilas balik ke dua tahun lalu, BTS sudah pernah hadir di pembukaan sidang Majelis Umum ke-73 PBB yang diadakan di New York, Amerika Serikat, pada 24 September 2018.

Saat itu, tujuh member BTS dipersilakan untuk berdiri di depan para peserta sidang dan menyampaikan pidatonya.

BTS yang diwakili sang leader, RM alias Kim Nam Joon lantas menyampaikan pesannya.

RM membuka pidatonya dengan pesan dari kampanye bertajukn “Love Myself” yaitu "true love first begins with loving myself" (cinta sejati dimulai dari mencintai diri sendiri).

"Saya menghabiskan masa kecil yang sangat bahagia di Ilsan, kota dekat Seoul, Korea Selatan. Saya biasa memandang langit yang indah dan membayangkan bahwa saya adalah pahlawan super yang menyelamatkan dunia," kata RM dalam bahasa Inggris yang fasih.

Baca juga: Ini Judul Pidato BTS di Sidang Umum PBB Nanti Malam, Singgung soal Tantangan Hadapi Pandemi

Di usia sekitar 9 atau 10 tahun, RM mengaku mulai khawatir atas pendapat orang lain tentang dirinya sehingga menutup suara hatinya sendiri.

"Saya mulai melihat diri saya melalui mata mereka. Saat itu, saya mulai menutup suara hati saya sendiri. Saya, kami, kehilangan nama kami dan menjadi seperti hantu," cerita RM.

Menurut RM, musik membuat perubahan pada dirinya. Tetapi, setelah bergabung dengan BTS dan meraih kesuksesan, ia sempat ingin berhenti ditengah jalan dan merasa putus asa.

"Saya jadi mencintai diri sendiri apa adanya, siapa saya, dan saya ingin menjadi seperti apa," tutur RM.

"Jadi saya mendorong kalian untuk mengekspresikan diri. Saya ingin kalian bertanya kepada diri sendiri, siapa dirimu, apa yang membuatmu bersemangat dan jantungmu berdetak. Ceritakan kisah Anda," kata RM melanjutkan.

Baca juga: BTS Kembali Pidato di Sidang Umum PBB, Direktur Unicef: Mereka Menginspirasi Kaum Muda

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X