Kenangan Jeremy Thomas Bersama Jakob Oetama: Indonesia Perlu Banyak Orang seperti Beliau

Kompas.com - 09/09/2020, 16:39 WIB
Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Arsip Kompas GramediaPendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor kawakan Jeremy Thomas terpukul atas meninggalnya salah satu pendiri Kompas Gramedia sekaligus tokoh pers Indonesia, Jakob Oetama.

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jeremy Thomas menceritakan satu momen saat mereka berbincang mengenai kualitas televisi Indonesia.

Sebagai insan muda, Jeremy Thomas menganggap kesempatan bisa berbincang dengan Jakob Oetama saat itu adalah keberuntungan yang luar biasa lantaran banyak mendapatkan nasihat.

"Mulai dari keluhan beliau terhadap acara-acara televisi era sekarang yang menurut Pak JO (sapaan akrab Jeremy kepada Jakob Oetama) minim nilai positif, belum lagi tipe-tipe program yang kerap one side information, namun tetap tayang," kata Jeremy Thomas, Rabu (9/9/2020). 

Baca juga: Duka Keluarga Kompas Gramedia Kala Ditinggal Jakob Oetama....

Mendengar pernyataan itu, Jeremy Thomas berharap ada banyak orang seperti Jakob Oetama di Indonesia.

"Makanya perlu Pak JO yang banyak, yang menertibkan penurunan kualitas," kata Jeremy Thomas menirukan tanggapannya saat itu.

Tidak hanya itu, Jeremy mengatakan, banyak isu lain yang diobrolkan dengan Jakob Oetama.

Kendati demikian, kata Jeremy Thomas, yang paling umum adalah berkaitan dengan media massa di Indonesia.

"Media bisa menjadi sumbangan nilai moral buat bangsa-bangsa Indonesia menjadi lebih baik, lebih cerdas, lebih civilisasi dan utuh," ujar Jeremy Thomas menirukan perkataan Jakob Oetama kepadanya.  

Baca juga: Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Wafat, Joko Anwar hingga Ananda Sukarlan Berduka

Lebih lanjut, Jeremy Thomas berharap agar perusahaan di bawah nauangan Jakob Oetama dapat mempertahankan kredibilitasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X