Rahmania Astrini Tak Termakan Algoritma Platform Musik Digital

Kompas.com - 06/08/2020, 16:25 WIB
Rahmania Astrini baru saja merilis single kolaborasi berjudul Me Me We bersama beberapa penyanyi Asia. Lagu ini adalah lagu penyemangat bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. ISTRahmania Astrini baru saja merilis single kolaborasi berjudul Me Me We bersama beberapa penyanyi Asia. Lagu ini adalah lagu penyemangat bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rahmania Astrini ternyata bukan tipikal musisi yang mengikuti algoritma platform musik digital.

Seperti diketahui, semua aplikasi musik digital kerap merekomendasikan lagu-lagu yang dianggap sesuai dengan selera penggunanya.

Hal itu ternyata tak berlaku bagi seorang Rahmani Astrini.

"Kalau aku sendiri, aku enggak begitu banget karena pada akhirnya semua orang kalau mengikuti (algoritma) itu jadi enggak punya ciri khas masing-masing," kata Astri dalam konferensi pers virtual, Kamis (6/8/2020). 

Baca juga: Rekaman Lagu Me Me We, Rahmania Astrini Jadi Lebih Mandiri

Rahmania Astrini khawatir jika semua musisi mengikuti algoritma yang diberikan justru akan membuat musik semuanya terdengar seragam.

"Aku enggak mau pada akhirnya si algoritma ini membuat semuanya jadi sama dan battlenya udah bukan di musik lagi tapi di fisik dan muka. Aku pengin explore yang aku suka daripada ikutin yang ada," lanjutnya.

Lagu berjudul "Me Me We" melibatkan beberapa artis Asia termasuk bintang Kpop, seperti Ailee, Ravi dan NewKidd. 

Rahmania Astrini sendiri baru saja merilis singel "Me Me We" berkolaborasi dengan penyanyi asal Malaysia, Aizat Amdan, Chillies dari Vietnam, PAAM dari Thailand dan Quest dari Filipina. 

Baca juga: Bersama Bintang KPop dan Asia, Rahmania Astrini Rilis Lagu Me Me We

Lagu yang telah dirilis tanggal 30 Juli 2020 itu merupakan kolaborasi antara Warner Music Korea dan Kantor Wilayah Gangnam di Seoul. 

Lagu tersebut diproduksi oleh MZMC, yang juga memproduksi lagi hits Kpop seperti "Ko Ko Bop" dan "Love Shot" dari EXO.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X