Vicky Prasetyo Minta Hadir di Ruang Sidang, Majelis Hakim Menolak

Kompas.com - 22/07/2020, 21:49 WIB
Vicky Prasetyo ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). KOMPAS.com/IRA GITAVicky Prasetyo ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Vicky Prasetyo sebagai terdakwa dalam kasus pencemaran nama baik mengaku sulit mengikuti sidang perdana, Rabu (22/7/2020).

Pasalnya, sidang dihelat secara virtual. Vicky Prasetyo mengikuti sidang dari Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat. Sedangkan kasusnya disidangkan di PN Jakarta Selatan.

Oleh karena itu, Vicky meminta kepada Majelis Hakim untuk hadir langsung di ruang persidangan dengan protokol kesehatan.

“Karena keterbatasan komunikasi dari fasilitas di sini, saya susah mengikuti sidang yang mulia. Saya bisa dihadirkan ke persidangan dengan SOP kesehatan, supaya saya bisa jelas mengikuti persidangan,” kata Vicky Prasetyo dalam sidang virtual, Rabu.

Baca juga: Vicky Prasetyo Didakwa Pasal Berlapis atas Kasus Pencemaran Nama Baik Angel Lelga

Namun, Majelis Hakim belum bisa memenuhi permintaan Vicky lantaran kondisi pandemi corona.

Menurut Majelis Hakim, tata cara persidangan secara virtual sudah sesuai prosedur dari aturan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Baik ya, inisiatif terdakwa menginginkan kehadiran ke ruang sidang, kami berpedoman pada peraturan Kemenkumham dan UU keberadaan tahanan yang sedang menjalani persidangan,” kata Majelis Hakim.

“Karena sedang ada wabah, dimungkinkan peraturan harus kita tegakan dulu. Nanti, kami minta ke Penuntut Umum yang bertanggungjawab, agar diupayakan lebih baik lagi,” tambah Majelis Hakim.

Baca juga: Vicky Prasetyo Dipenjara, Begini Kata Ibundanya

Sebelumnya, mantan kekasih Zaskia Gotik ini didakwa pasal berlapis. Pertama, Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 36 juncto Pasal 27 ayat (3) Undang Undang ITE.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X