Penjelasan Rhoma Irama Tetap Nyanyi di Acara Khitanan

Kompas.com - 29/06/2020, 13:19 WIB
Penyanyi Rhoma Irama dalam saat ditemui di Studio Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (12/10/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Penyanyi Rhoma Irama dalam saat ditemui di Studio Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (12/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja dangdut Rhoma Irama memberikan klarifikasi soal kehadirannya dalam acara khitanan atau sunatan di Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/6/2020).

Sebelumnya, Rhoma Irama memang sudah sempat membatalkan penampilanya bersama Soneta Grup dalam gelaran acara tersebut lantaran adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Alasan Bupati Bogor Larang Konser Rhoma Irama dan Soneta: Khawatir Covid-19 Meluas

“Jadi gini, setelah kita nyatakan kita sepakati tidak ada Soneta, bahwa tuan rumah menyatakan kepada saya bahwa sudah ada pelonggaran dari Kapolri dan Gubernur Jawa Barat, maka tetap melaksanakan hajatan itu,” kata Rhoma Irama kepada Kompas.com via telepon, Senin (29/6/2020).

Rhoma Irama pun tetap datang sebagai tamu dalam acara tersebut.

“Cuma saya bilang, Soneta tidak bisa tampil sebelum betul-betul PSBB murni gitu. ‘Kalau gitu Bang Haji kondangan aja deh’. Saya pun kondangan, jadi sampai di sana, saya lihat orang banyak dan beberapa artis ibukota tampil, ada musiknya,” sambung Rhoma Irama.

Baca juga: Dilarang Konser di Acara Khitanan, Pamflet Rhoma Irama dan Soneta Sudah Tersebar

Akan tetapi, lantaran permintaan pihak tuan rumah, Rhoma Irama diminta untuk memberikan tausiyah.

Setelah itu dari masyarakat dan tuan rumah, Raja Dangdut itu malah diminta untuk bernyanyi.

Tanpa mengurangi rasa hormat, Rhoma akhirnya sempat bernyanyi sekira tiga lagu dalam acara tersebut tanpa Soneta.

Baca juga: Rhoma Irama dan Soneta Tidak Diizinkan Konser di Kabupaten Bogor

“Nah, setelah itu didaulat dari tuan rumah dan masyarakat untuk tampil. Istilahnya menyumbangkan lagu atau tausiyah gitu, maka tuan rumah minta, kan khitanan tuh, berikan tausyiah,” ucap Rhoma Irama.

“Maka saya sampaikan tausiyah singkat. Setelah itu semua itu minta nyanyi ‘nyanyi nyanyi’. Saya pun nyanyi, itu aja sih,” kata Rhoma.

Rhoma Irama memastikan kehadirannya di sana juga didampingi oleh aparat keamanan. Dia juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan corona.

Baca juga: Sinopsis Film Pengabdian, Ketika Raja Dangdut Rhoma Irama Menjadi Petani demi Istri

“Dan saya selama di sana didampingi oleh aparat, selama di lokasi didampingi aparat maupun di ruang tunggu, ruang tamu sampai dikawal pentas,” ujar Rhoma Irama.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin tidak mengizinkan konser dangdut Rhoma Irama. Sebab, menurut Ade, Kabupaten Bogor masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional.

Dan dengan adanya hal itu, Rhoma Irama akhirnya membatalkan acara manggung tersebut dengan Soneta.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X