Inul Daratista Sindir Pengusaha Karaoke yang Plagiat Inovasi Inul Vizta

Kompas.com - 16/06/2020, 14:21 WIB
Inul Daratista dalam jumpa pers acara DSatar di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (17/6/2019). KOMPAS.com/IRA GITAInul Daratista dalam jumpa pers acara DSatar di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (17/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pedangdut Inul Daratista mulai membuka kembali satu per satu bisnis karaokenya, Inul Vizta, setelah ditutup beberapa bulan akibat pandemi Covid-19. 

Melalui akun Instagram-nya, Inul mengatakan, saat ini banyak terjadi peniruan ide atau hasil karya yang dilakukan sesama pebisnis yang memiliki usaha yang sama.

“Tapi bisnis yang banyak mencuri hasil karya orang lain selamanya dia akan jadi maling, bukan saja bosnya, tetapi anak buahnya juga sama saja,” kata Inul Daratista dalam akun Instagram-nya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Bisnis Karaoke Inul Daratista Beroperasi Lagi, Terapkan Protokol Kesehatan dan Sajikan Inovasi Baru

Inul menyadari, ketika membuka sebuah bisnis, harus siap dengan konsekuensi yang akan diterima, salah satunya pencurian hasil karya.

“Sudah wajar dalam bisnis pasti ada kejahatan untuk saling menghancurkan, hal yang biasa, kuat-kuatan,” ujar Inul. 

Istri Adam Suseno itu mengatakan, banyak pengusaha lain yang tergoda melihat kecanggihan teknologi yang ia gunakan di Inul Vizta. 

Baca juga: Buka Lagi Karaokenya, Inul Daratista Sajikan Inovasi Baru

“Dengan kecanggihan teknologi milenial yang ada dalam karaoke saya pastinya menggelitik kompetitor untuk mencuri ide saya he-he-he monggo silakan,” kata Inul.

Inul mengatakan, semakin banyak hasil karyanya dicuri, maka ia semakin kreatif menciptakan ide baru yang bisa dinikmati banyak orang.

“Ini memacu saya untuk makin kreatif, artinya ilmu saya bisa dinikmati orang banyak,” ujar Inul. 

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Mawar Putih - Inul Daratista

Kendati demikian, Inul mengaku bangga dapat menciptakan ide baru meskipun dirinya bukan lulusan sekolah tinggi.

“Tapi saya bangga loh ide dan kreativitas saya yang baik-baik sebagai anak yang tidak sekolah tinggi, selalu ditiru dicontoh bahkan diimplementasikan secara nyata bahkan ada yang tanpa malu-malu meniru, ya itulah bisnis,” kata Inul.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X