Bebas dari Penjara, Ferdian Paleka Menyesal dan Minta Maaf

Kompas.com - 04/06/2020, 16:07 WIB
YouTuber Ferdian Paleka yang tersandung kasus prank sembako isi batu dan taoge busuk, yang dibaikan ke sejumlah transgender di Bandung. Dok. Instagram @lambe_turahYouTuber Ferdian Paleka yang tersandung kasus prank sembako isi batu dan taoge busuk, yang dibaikan ke sejumlah transgender di Bandung.

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber Ferdian Paleka dan kedua temannya dibebaskan Kamis ini (4/6/2020) oleh pihak kepolisian.

Ferdian dan kedua temannya terjerat kasus konten video prank sembako isi sampah dan batu bata yang diberikan kepada transpuan atau transgender perempuan.

Baca juga: YouTuber Ferdian Paleka Dibebaskan dari Penjara

Sebagai informasi, transpuan adalah orang yang lahir sebagai laki-laki, tetapi mengidentifikasi diri sebagai perempuan.

Usai bebas, Ferdian dan kedua temannya langsung meminta maaf. Mereka kapok dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi.

Baca juga: Prank Sembako Isi Sampah YouTuber Ferdian Paleka Disorot Media Inggris

“Kami bertiga minta maaf atas perlakuan kita yang membuat konten prank sampah kepada transpuan, terutama transpuan Kota Bandung,” kata Ferdian dan dua temannya dalam video yang dikirimkan kepada para awak media, Kamis (4/6/2020).

“Kami bertiga sangat menyesali tindakan kami dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan kami dikemudian hari yang merugikan orang dan membuat resah masyarakat. Kami sangat menyesal. Terima kasih,” sambung Ferdian.

Baca juga: Ferdian Paleka Ajukan Penangguhan Penahanan, Polisi Belum Terima Suratnya

Sebelumnya, Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan bahwa bebasnya Ferdian cs lantaran adanya upaya perdamaian dengan pihak korban.

Kedua belah pihak berdamai dengan difasilitasi kuasa hukum.

Baca juga: Nasib Ferdian Paleka di Dalam Penjara, Dibully Tahanan Lain hingga Ditelanjangi

“Yang menjadi dasar laporan dari korban dicabut, di mana korban dan terlapor sudah melakukan perdamaian difasilitasi kuasa hukim masing-masing dan itu dikirimkan pada kami kepada Bapak Kapolrestabes,” ucap Galih Indragiri.

Diberitakan sebelumnya, Ferdian Paleka dan dua temannya ditangkap polisi setelah adanya aduan dari korban. 

Baca juga: Agar Tidak Dibully, Sel Ferdian Paleka Dipisah dengan Tahanan Lain

Ferdian yang sempat buron akhirnya ditangkap oleh polisi.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X