Spotify, Apple Music, dan YouTube Dukung Aksi Protes Atas Kematian George Floyd

Kompas.com - 02/06/2020, 22:41 WIB
Industri musik turut dukung aksi protes atas kematian George Floyd, dengan aksi Blackout Tuesday Alex Castro / The VergeIndustri musik turut dukung aksi protes atas kematian George Floyd, dengan aksi Blackout Tuesday

KOMPAS.com - Layanan streaming utama seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan YouTube Music menunjukkan dukungan untuk aksi Blackout Tuesday.

Aksi Blackout Tuesday adalah aksi protes insan musik atas kematian George Floyd akibat kekerasan polisi dan rasisme di Amerika Serikat.

Nantinya, Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan YouTube Music bakal mendukung Blackout Tuesday dengan menerapkan daftar putar khusus, saat hening dan pemadaman media sosial.

Spotify akan menambahkan waktu hening selama 8 menit 46 detik untuk memilih daftar putar dan podcast di platform mereka.

“2 Juni adalah Blackout Tuesday, hari pemutusan kolektif dari pekerjaan yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang berefleksi dan bersatu mendukung komunitas masyarakat kulit hitam," tulis Spotify dalam sebuah posting blog.

Baca juga: Ikut Aksi Protes Kematian George Floyd, Bintang Serial Insecure Terkena Peluru Karet

Durasi hening itu sama dengan jumlah waktu ketika mantan perwira polisi Minneapolis Derek Chauvin menindih leher Floyd dengan lututnya, yang mengakibatkan kematian Floyd.

"Pada hari ini dan setiap hari, Spotify akan mendukung karyawan, teman, mitra, artis, dan pencipta kami dalam perang melawan rasisme, ketidakadilan, dan ketidakadilan," tulis Spotify. 

“Kami menggunakan kekuatan platform kami untuk berdiri dengan pencipta lagu dari seniman kulit hitam, memperkuat suara mereka, dan mempercepat percakapan yang bermakna dan perubahan yang sangat dibutuhkan. Akibatnya, Anda akan melihat beberapa perubahan di Spotify mulai pukul 12:01 (waktu setempat) pada hari Selasa," tambah keterangan Spotify.

Selain menghentikan sementara semua publikasi media sosial, Spotify mengatakan akan mengganti judul utama podcast dan gambar daftar putar serta logo dengan gambar yang gelap.

Kemudian, bakal lebih mempromosikan artis kulit hitam dan podcaster dengan daftar putar yang dikuratori khusus dan berdasarkan riwayat musisi kulit hitam saat ini.

Baca juga: Lady Gaga Ikut Suarakan Gerakan Antirasisme hingga Kritik Donald Trump

Halaman:

Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X