Pusakata dan Lagu yang Tercipta di Danau Tolire Ternate

Kompas.com - 06/04/2020, 17:39 WIB
Pusakata beraksi di panggung Prambanan Jazz hari kedua yang di gelar di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta pada Sabtu (6/7/2019). KOMPAS.com/IRA GITAPusakata beraksi di panggung Prambanan Jazz hari kedua yang di gelar di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta pada Sabtu (6/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah merilis album Dua Buku, penyanyi solo Pusakata kembali melepas karya terbarunya, yakni lagu berjudul "Pejamkan Matamu".

"Pejamkan Matamu" adalah lagu yang diciptakan sendiri oleh Pusakata saat berada di Danau Tolire, Ternate, Maluku.

Pria bernama lengkap Mohammad Istiqamah Djamad atau yang akrab disapa Is itu memadukan lirik puitis dan musik sederhana.

Kemudian, ia melakukan perekaman secara langsung di ketinggian Danau Tolire.

Baca juga: Selamat! Pusakata Dikaruniai Anak Kelima

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/4/2020), lagu ini menjadi satu dari tiga lagu yang masuk dalam album mini terbarunya berjudul Sisir Kota Pesisir.

Pusakata mengatakan, keindahan alam Indonesia memberikan banyak inspirasi dalam menciptakan proyek ini.

Ide awal Sisir Kota Pesisir lahir pada 2015 silam. Saat itu, Pusakata melihat betapa Indonesia begitu indah, kaya, dan sangat luas terutama pada daerah pesisir.

Pusakata merilis single terbaru Pejamkan MataDok. Pusakata Pusakata merilis single terbaru Pejamkan Mata

Baca juga: Tampil Ngejazz, Yuni Shara Ajak Pusakata Berduet di Java Jazz Festival 2020

"Sisir Kota Pesisir adalah momentum penyadaran diri bahwa alam sudah memberi banyak kepada kita dan sudah banyak menjaga kita, sehingga sudah sepatutnya kita juga menjaga alam sekitar," kata Pusakata.

Ditambah lagi, kondisi demografi, sumber daya dan masyarakat pesisir cukup menggugah Pusakata untuk menangkap dan merangkum potensi wilayah pesisir di Indonesia ke dalam sebuah karya.

"Bahkan alam juga selalu memberi tanda bila akan terjadi sesuatu, namun terkadang kita lupa membaca tanda bahkan tidak menghiraukan tanda tersebut," ujar Pusakata.

Baca juga: Pusakata Beri Bocoran soal Album Baru di Panggung Prambanan Jazz 2019


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X