Minta Syuting Disetop karena Corona, Joko Anwar: Tolonglah, Film Bisa Menunggu

Kompas.com - 26/03/2020, 10:23 WIB
Joko Anwar, saat ditemui di acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaJoko Anwar, saat ditemui di acara Galaxy Movie Studio Offline Class di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara film Joko Anwar meminta para sineas untuk tidak melakukan aktivitas syuting di tengah pandemi virus corona.

Imbauan ini Joko sampaikan melalui akun Twitter-nya, @jokoanwar, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (26/3/2020).

"Tolonglah #stopsutingdulu. Film bisa menunggu. Itu produser atau sutradaranya cari apa sih?" tulis Joko Anwar.

Baca juga: Profil Joko Anwar, Sutradara dan Penulis Skenario Kenamaan Indonesia

 

Menurut pengarah film Perempuan Tanah Jahanam itu, filmmaker seharusnya peka dengan kondisi Indonesia, bahkan dunia saat ini.

"Sineas kalau bikin film itu selalu mencoba menggali perasaan penonton," tulisnya.

"Gimana mau menggali perasaan penonton kalau dia sendiri enggak punya perasaan dengan terus syuting dan membahayakan kesehatan orang banyak? Tolonglah #stopsutingdulu," tulis Joko lagi.

Baca juga: Joko Anwar Cerita Kisah Sulit Nonton Film Bioskop Lewat Ventilasi

Twitnya tersebut menanggapi unggahan dari sutradara Upi yang membagikan potongan video yang memperlihatkan aktivitas syuting dibubarkan pihak berwajib.

Di situ, Upi mengingatkan kepada masyarakat bila melihat kejadian yang sama di sekitar tempat tinggal mereka untuk berinisiatif membubarkan.

Jika tidak ingin diri sendiri yang menegur langsung, sutradara film Sri Asih itu menyarankan untuk melaporkan ke pihak yang berwenang.

Baca juga: Joko Anwar Bermimpi Jadi Filmmaker Sejak Usia 8 Tahun

"Bubarin kalau di daerah tempat tinggal kalian masih ada yang dipergunakan shooting! Tegur langsung atau minta petugas keamanan atau Pak RT untuk bubarin!" tulisnya.

Menurut Upi, keselamatan masyarakat seharusnya lebih diutamakan di saat situasi Indonesia yang waspada akan pandemi virus corona.

"Keselamatan warga, keselamatan kalian, dan keluarga kalian yang utama!" tulisnya. 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X