Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricky Reed hingga Shawn Mendes Minta Artis Musik Dunia Tinggal di Rumah Saja

Kompas.com - 17/03/2020, 11:41 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - Sebanyak puluhan artis musik, baik penyanyi, penulis lagu, hingga produsermembuat petisi untuk merespons wabah virus corona (Covid-19).

Petisi itu berisi permintaan agar para artis musik tetap di rumah selama wabah Covid-19 masih melanda.

Nama-nama terkenal yang terlibat dalam petisi ini seperti produser dan penulis lagu Ricky Reed, Lizzo, Shawn Mendes, Meghan Trainor, Finneas (kakak Billie Eilish), dan puluhan artis, penulis lagu, produser, penerbit, dan lainnya.

Baca juga: Konser ONE OK ROCK di Jakarta Resmi Ditunda karena Wabah Corona

 

Mereka semuanya telah menandatangani petisi yang ditulis oleh Reed.

Mereka meminta para artis musik berdiam di rumah dan menghindari tempat di luar studio, klub, dan tempat-tempat yang biasanya mereka berkumpul.

"Atas nama saya sendiri, rekan penulis saya Ross Golan dan Justin Tranter, dan daftar orang yang ikut serta termasuk artis Lizzo, Shawn Mendes, Finneas, serta kepala setiap perusahaan publishing dan banyak eksekutif label, tolong dengarkan kami," demikian isi petisi tersebut seperti dilansir Variety, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Konser Ayu Ting Ting Ditunda karena Wabah Virus Corona

“Sudah waktunya untuk berhenti," ujar salah satu kalimat dalam petisi yang ditulis Reed.

Menurut Reed, kondisi saat ini cukup berdampak bagi industri musik, tetapi semua pelakunya tak boleh menyerah begitu saja untuk menyiasati keadaan ini.

"Ini hal tersulit yang harus kita lakukan. Sebagian besar dari kita masih berjuang untuk setiap jengkal karier kita. Ketika pindah ke LA, saya harus bersepeda dan naik bus ke semua pertunjukan saya." tulis Reed.

Baca juga: Produksi Film Musikal Camila Cabello Ditunda karena Corona

"Musik adalah satu-satunya bisnis yang memungkinkan kita begadang, berpesta, bertindak tanpa memikirkan risiko. Kita terbiasa membahayakan tubuh demi memburu mimpi," tulis Reed.

Meskipun demikian saat ini Reed meminta untuk sementara waktu para insan musik untuk saling menjaga dengan menghindari kerumunan.

Dia beralasan virus corona tak pandang bulu ketika menginfeksi orang.

Baca juga: Film-film yang Menunda Produksi dan Penayangannya karena Virus Corona

"Tapi sudah waktunya berhenti. Kita mungkin sehat, muda, tak peduli. Namun virus ini tidak mengecualikan orangtua dan kakek nenek kita. Virus ini tidak peduli kepada saudara-saudara kita yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Virus ini tidak memedulikan anak-anak yang menderita asma," lanjut Reed.

Oleh karena itu, Reed meminta semuanya untuk bertindak bijak dan cerdas dalam menyikapi virus corona ini.

Baca juga: Artis Korea Sumbang Miliaran Rupiah Perangi Virus Corona, Bagaimana Artis Indonesia?

"Jika kita tidak bertindak sekarang. Semakin cepat kita mengambil tindakan berani (jarak sosial yang ekstrim) semakin cepat kita bisa kembali ke kehidupan (normal) kita," lanjut Reed.

Total, sebanyak 120 artis musik, baik dari label rekaman, produser, arranger, hingga penyanyi itu sendiri telah menandatangani petisi ini sebagai langkah industri musik tanggap atas virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com