Kompas.com - 09/12/2019, 08:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Malam penganugerahan Festival Film Indonesia (FFI) 2019 baru saja digelar di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (8/12/2019) malam.

Total, sebanyak 38 film panjang dan 22 film pendek bersaing sebagai nomine dalam 21 kategori.

Baca juga: Museum Bumi Manusia, Buah Kegelisahan Hanung Bramantyo

Banyak kejutan terjadi pada malam penganugerahan Piala Citra FFI kali ini.

Film Bumi Manusia besutan sutradara Hanung Bramantyo diketahui menjadi salah satu film yang meraih nominasi terbanyak, yakni 12 nominasi.

Baca juga: Kostum Bumi Manusia Dikritik Tajam, Begini Penjelasan Fashion Designer

Bumi Manusia yang merupakan adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer, bersanding dengan film Kucumbu Tubuh Indahku, sama-sama meraih 12 nominasi.

Namun, Bumi Manusia yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti itu gagal membawa pulang satu pun piala dari 12 nominasi yang ada.

Adapun ke-12 nominasi yang diisi oleh Bumi Manusia, yakni Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Baca juga: Bumi Manusia Gagal Bawa Iqbaal Ramadhan Masuk Nominasi Piala Citra 2019

Selain itu, kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, dan Penata Efek Visual Terbaik.

Justru, film Kucumbu Tubuh Indahku garapan sutradara Garin Nugroho yang kontroversial, meraih Piala Citra FFI 2019 terbanyak, yakni delapan piala dari 12 nominasi.

Kucumbu Tubuh Indahku membawa pulang Piala Citra sebagai Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, dan Penata Busana.

Baca juga: Bumi Manusia Mendominasi FFI 2019, Kucumbu Tubuh Indahku Membayangi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.