Kompas.com - 13/11/2019, 11:04 WIB
Adegan Anelis (Mawar de Jongh) dan Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film Bumi Manusia. DOK. FALCON PICTURESAdegan Anelis (Mawar de Jongh) dan Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film Bumi Manusia.

JAKARTA, KOMPAS. com - Festival Film Indonesia (FFI) 2019 resmi mengumumkan 21 nominasi yang akan memperebutkan Piala Citra pada 12 Desember mendatang.

Pengumuman nominasi itu dibacakan oleh sejumlah artis di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/11/2019) malam.

Menariknya, dalam 21 nominasi tersebut, terdapat tiga film yang masuk banyak nominasi dalam pergelaran FFI 2019, yakni Dua Garis Biru, Bumi Manusia, dan Kucumbu Tubuh Indahku.

Baca juga: Bumi Manusia Gagal Bawa Iqbaal Ramadhan Masuk Nominasi Piala Citra 2019

Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo sukses masuk 12 nominasi.

Sayangnya, Iqbaal Ramadhan yang memerankan Minke dalam film yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer ini gagal masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik.

Padahal, pemeran Nyai Ontosoroh, Sha Ine Febriyanti, masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membayangi Bumi Manusia, Kucumbu Tubuh Indahku masuk 11 nominasi.

Namun, untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik, film ini menaruh dua wakilnya, yakni Randy Pangalila dan Whani Dharmawan.

Baca juga: Pemutaran Kucumbu Tubuh Indahku Dihentikan Paksa, Garin Nugroho Kecewa pada Pemerintah

Meskipun sempat menuai kontroversi, film besutan Garin Nugroho ini masuk nominasi Film Cerita Panjang Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Tak mau kalah, Dua Garis Biru mampu berbicara di ajang FFI 2019. Film besutan Ginantri S Noer ini masuk 11 nominasi.

Bahkan, berkat aktingnya dalam film ini, Adhisty Zara masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dan akan bersaing dengan para seniornya, sebut saja Nirina Zubir dan Raihaanun.

Selain itu, Dua Garis Biru juga mengantarkan Angga Yunanda masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik.

Baca juga: Piala Citra 2019 Siap Digelar, Berikut Daftar Nominasi Lengkapnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.