Kompas.com - 12/11/2019, 07:50 WIB
Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak semifinal The Voice of Germany. YouTube/The Voice of GermanyClaudia Emmanuela Santoso tampil di babak semifinal The Voice of Germany.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada yang menyangka kalau dara asal Cirebon, Jawa Barat, Claudia Emmanuela Santoso bisa menang di ajang The Voice of Germany 2019.

Perjuangannya juga tak mudah untuk bisa sampai di titik sekarang ini.

Dirangkum Kompas.com, berikut lima fakta menarik bukti bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil dari seorang Claudia Emmanuela Santoso.

Baca juga: Bawakan Lagu Whitney Houston, Claudia Emmanuela Santoso Juara The Voice of Germany 2019

1. Pernah dapat kritikan pedas di Indonesia

Pedangdut Saiful Jamil pernah memberi kritik cukup pedas pada Claudia.

Gadis yang biasa disapa Audi ini membawakan lagu "Mencintaimu Sampai Mati" milik Utopia di ajang pencarian bakat Mamamia 2014.

Saat itu, Saiful membandingkan suara Audi dengan es batu yang dianggap dingin dan keras.

"Kalau kamu merasakan makan es batu yang keras, kaku, dingin, linu, sama (dengan) perasaan saya waktu nge-dengar suara kamu. Kaku, linu, keras, eeeh.." ujar Ipul seperti dikutip Kompas.com dari YouTube yang diunggah akun The Great XR, Senin (11/11/2019).

Baca juga: 5 Fakta Alice Merton, Coach Claudia Santoso Sang Pemenang The Voice Jerman

Mahasiswi asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak Battle The Voice of Germany.YouTube/The Voice of Germany Mahasiswi asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak Battle The Voice of Germany.

2. Gagal di banyak ajang pencarian bakat di Indonesia

Sejak namanya terdengar sebagai finalis The Voice of Germany 2019, tak sedikit yang mulai mencari tahu masa lalunya. Dan ternyata dulu, Audi pernah mengikuti Akademi Fantasi Indosiar (AFI) Junior, Idola Cilik, dan Mamamia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X