Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Album Baru Cakra Khan, Ada Lagu Berbahasa Inggris dan untuk Mendiang Ayahnya

Cakra pun membagikan cerita mengenai album barunya ini, mulai dari suguhkan 15 lagu hingga keluar dari zona nyaman dengan lagu berlirik bahasa Inggris.

 DIVINE jadi album penantian selama 11 Tahun

DIVINE merupakan album kedua dari Cakran Khan yang dirilis melalui naungan label MyMusic Records.

Adapun album ini terasa spesial bagi Cakra Khan karena sempat tak mengeluarkan album selama 11 tahun.

Cakra diketahui sempat merilis album pertamanya pada 2013 yang bertajuk Cakra Khan.

“Saya menamakan album ini DIVINE yang berartikan istimewa. Semua lagu yang ada di dalam album ini saya pilih sendiri, dan juga ada lagu ciptaan sendiri yang akhirnya saya bisa memberanikan diri untuk para fans serta pendengar musik menikmatinya,” kata Cakra Khan dalam jumpa pers album DIVINE di daerah Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Berbicara soal segi musik, Cakra menyebut sangat bervariasi, mulai dari mellow hingga up to beat.

“Di album ini memang lebih ke... dari segi musik aransemen hampir ada yang sama temanya beda, yang jomplang beda pun ada. Ada afrobeat, ngeband, mellow pasti ada,” ungkap Cakra Khan.

Dalam album ini, Cakra Khan mempersembahkan 15 lagu berisikan 11 lagu baru dan 4 lagu yang sudah pernah dirilis sebelumnya.

Ada lagu berbahasa Inggris

Dalam album ini, Cakra rupanya keluar dari zona nyaman dengan mengeluarkan beberapa lagu dengan lirik berbahasa Inggris.

Terdapat lima lagu berbahasa Inggris dalam album ini yang berjudul “Broken Symphony”, “Tennessee Whiskey”, Take To Pain”, “Coming Home”, dan “Get Together”.

“Kenapa ada lagu berbahasa Inggris, mungkin… ingin membuka pasar baru sambil belajar,” ungkap Cakra.

Cakra mengakui, memang ada beberapa lagu yang dia tulis lebih mudah menggunakan bahasa Inggris.

“Cara mengekspresikan lagu kadang, kayaknya enak pakai bahasa Inggris,” ujar Cakra Khan menambahkan.

Persembahkan lagu “Rindu Tak Bersuara” untuk mendiang ayahnya

Cakra mengungkap bahwa ada satu lagu yang berjudul “Rindu Tak Bersuara” yang dinyanyikan khusus olehnya untuk mendiang ayahnya.

Meskipun lagu tersebut sudah dipopulerkan oleh Alffy Rev, rupanya Cakra kembali mengaransemennya dan memasukan lagu itu ke dalam album DIVINE.

“Beuh, harus dengerin, luar biasa (lagunya),” ujar Cakra Khan

Cakra bercerita, saat proses rekaman ia tak kuat menahan tangis saat menyanyikannya. Hingga akhirnya membutuhkan waktu yang cukup lama menyelesaikan rekaman lagu tersebut.

“Makanya saya jarang-jarang kalau rekaman tuh, biasanya sekali jalan diam di studio kan, kalau ini jedanya lumayan lama. Jadi saya beresin dulu bait, kan biasanya kalau nangis suara jadi bedakan, emosinya ngeganggu suara, keluar dulu, santai dulu. Itu pokoknya rekaman paling lama itu,” tutur Cakra Khan.

“Karena di lagu itu totally dibikin beda, karena Alfi Rev itu cerita gini, gini dan dia arrange part-nya kayak tenang tahan dan di mana part gue teriak sekuat tenaga lu. Jadi memang luar biasa lah,” tambah Cakra.

https://www.kompas.com/hype/read/2024/02/13/115449066/album-baru-cakra-khan-ada-lagu-berbahasa-inggris-dan-untuk-mendiang-ayahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke