Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal Menarik tentang Girl Group NewJeans

NewJeans memulai karier mereka pada 22 Juli 2022 dengan single utama "Attention”. Setelah itu, mereka merilis mini album debut dengan judul New Jeans di 1 Agustus 2022.

Seperti grup rookie lainnya, idola yang sedang naik daun ini memiliki banyak hal untuk ditampilkan dalam hal konsep, koreografi, visual, dan, tentu saja musik mereka.

Usai debut kurang dari enam bulan yang lalu, NewJeans memastikan nama mereka didengar di tangga lagu, acara musik, acara penghargaan, dan sebagainya.

Terbaru, New Jeans comeback dengan album single OMG pada Senin, 2 Januari 2023 kemarin. Ini adalah album kedua NewJeans selama perjalanan karier mereka.

Berikut beberapa hal menarik dari girl group New Jeans.

1. Asal para member

Member dari girl group punya kebangsaan yang beragam mulai dari Korea, Vietnam, dan Australia dengan usia member tertua 18 tahun hingga yang termuda berusia 14 tahun.

Seperti Minji (18 tahun, Korea), Hanni (18 tahun, Vietnam-Australia), Danielle (17 tahun, Korea-Australia), Haerin (16 tahun, Korea), dan Hyein (14 tahun, Korea).

Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh para member sendiri, tidak ada posisi resmi atau leader yang ditunjuk.

Hal ini menunjukkan bahwa para member ini punya kekuatan kolektif dan individu dalam hal menyanyi, rap, menari, visual, dan memimpin. Dari kiri ke kanan: Hanni, Haerin, Hyein, Minji, Danielle.

Di sisi lain, nama tersebut memiliki arti ganda yang menyindir “Gen baru”, sehingga memberikan kehidupan bagi generasi baru K-pop.

Satu hal yang jelas, para pemula ini tahu cara menarik perhatian masyarakat.

3. Konsep NewJeans

Dilahirkan pada tahun 2000-an, para member ini memilih bergaya retro. Hal ini diketahui dari sinematografi dan pemotretan mereka yang diunggah di media sosial.

Konsep keseluruhan dari mereka mematahkan citra K-pop normatif, tapi tetap berpegang pada representasi yang sederhana namun menarik.

Ini menempatkan musik NewJeans di atas gaya rambut warna-warni dan pakaian mereka yang unik.

Debut mereka terlihat sukses, dengan single mereka yang memecahkan rekor untuk penjualan minggu pertama tertinggi dalam sejarah Hanteo dan chart "Attention" di berbagai chart Spotify.

Hal tersebut membuat New Jeans menjadi grup K-pop pertama yang melakukannya.

4. Musik New Jeans

Semua orang menyukai grup yang terlibat dalam pembuatan musik mereka, tidak terkecuali dari member NewJeans.

Faktanya, Danielle dan Hanni masing-masing dikreditkan sebagai penulis lirik untuk lagu mereka berjudul "Attention" dan "Hype Boy".

Ditambah mini album mereka bertajuk New Jeans yang berada di peringkat No 46 di daftar Rolling Stone sebagai 100 Album Terbaik 2022, dan single mereka “Hype Boy” yang berada di peringkat No 24 di daftar 100 Lagu Terbaik 2022 di majalah yang sama.

New Jeans mendapatkan prestasi musik dalam waktu yang singkat sesudah debut mereka.

5. Kesuksesan New Jeans

Selalu mengesankan melihat artis yang sedang naik daun memiliki banyak prestasi setelah debut mereka.

Daftar pencapaian NewJeans terus bertambah dalam waktu kurang dari enam bulan.

Grup ini meraih kemenangan pertama mereka di program musik M Countdown dengan lagu “Attention” lalu membawa pulang Hot Rookie di THE-K Billboard Awards beberapa bulan kemudian.

Selama musim penghargaan musik utama, para anggota memenangkan Performance of the Year (Grand Prize) dan Best New Artist di Asia Artist Awards 2022.

Mereka juga memenangkan Top 10 Artist dan New Artist of the Year di Melon Music Awards 2022.

6. Rilisan New Jeans yang akan datang

Grup tersebut baru comeback dengan lagu “Ditto” sebelum comeback resmi mereka dengan lagu “OMG” yang sama dengan album keduanya bertajuk OMG yang dijadwalkan rilis 2 Januari 2023.

Single pra-rilis ini menduduki puncak tangga lagu iTunes secara global dan membantu para member mencapai pencapaian pertama mereka.

Bersiaplah menantikan segudang prestasi dari New Jeans, ini baru permulaan.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/01/03/132014166/6-hal-menarik-tentang-girl-group-newjeans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke