Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop 2022: 10 Film Populer Sepanjang Tahun 2022

Seiring berjalannya waktu keadaan Indonesia makin membaik dari Covid-19. Banyak sektor industri yang awalnya terdampak pandemi Covid-19. 

Tak terkecuali film. Tapi bukan menurun, setelah pandemi Covid-19, industri perfilman Indonesia justru bisa kembali bangkit dan menunjukkan taringnya kepada dunia.

Dengan berbagai variasi genre film, ada beberapa film yang laris manis sepanjang tahun 2022 ini.

Yaitu film dengan genre horor. Sejumlah film dengan genre horor berhasil mengumpulkan jutaan penonton dalam waktu singkat. 

Kompas.com merangkumnya sebagai berikut.

KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari adalah bukti awal kebangkitan film Indonesia di masa pandemi Covid-19. Film besutan Awi Suryadi ini merupakan film horor adaptasi dari utas Twitter @SimpleMan.

Menceritakan kisah mistis yang dialami oleh sekelompok mahasiswa yang sedang menjalani KKN di sebuah desa misterius.

Jumlah penonton film yang dibintangi Tissa Biani, Adinda Thomas, serta Aghniny Haque ini mencapai lebih dari 9 juta.

Oleh karena itu, KKN di Desa Penari menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa di antara berbagai genre.

Perolehan yang dicapai KKN di Desa Penari ini bahkan berhasil melewati rekor Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss part 1 (2016) dengan 6.858.616 penonton, yang bertahan selama 6 tahun.

Bahkan saking larisnya, film KKN di Desa Penari akan kembali ditayangkan dalam format extended version dengan tambahan waktu 40 menit adegan baru. Nantikan film KKN di Desa Penari format extended ini.

Pengabdi Setan 2 Communion

Tak kalah dari KKN di Desa Penari, film Pengabdi Setan 2 Communion yang merupakan sekuel dari film Pengabdi Setan yang dirilis tahun 2017, juga menyedot banyak penonton di bioskop.

Film ini dibintangi oleh Tara Basro, Bront Palarae, Nasar Anuz, dan Egy Fedly.

Dirilis pada 4 Agustus 2022 lalu, film ini sukses di pasaran dan menjadi salah satu film populer sepanjang 2022.

Pengabdi Setan 2 Communion menceritakan kelanjutan kisah Rini dan keluarganya yang bertahan hidup setelah selamat dari teror horor ibu.

Film garapan Joko Anwar ini ditonton 701.891 orang pada hari pertama penayangan.

Jumlah tersebut terus naik hingga turun layar bioskop, Pengabdi Setan 2: Communion sudah ditonton 6.390.970 orang.

Miracle In Cell No 7

Tak hanya film horor, film dengan genre drama komedi ini juga diminati masyarakat Indonesia.

Salah satunya film Miracle In Cell No 7, film yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama.

Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Indro Warkop, Tora Sudiro, Mawar Eva de Jongh, Sheila Dara, Indra Jegel, Graciella Abigail.

Miracle In Cell No 7 ini mengisahkan seorang ayah berkebutuhan khusus (ayah) dituduh sebagai pelaku kasus pembunuhan dan pemerkosan.

Korbannya gadis kecil bernama Melati, putri dari seorang pejabat. Dodo pun dipenjara dan berpisah dari putrinya Kartika (Graciella Abigail).

Ceritanya yang menarik ini sukses di pasaran. Bahkan, sudah ditonton hingga 5.852.916 penonton.

Mencuri Raden Saleh

Film aksi dengan konsep heist movie garapan Angga Dwimas Sasongko berjudul Mencuri Raden Saleh sukses mencuri perhatian di pasaran dan menjadi salah satu film populer sepanjang 2022.

Mencuri Raden Saleh mengisahkan tentang enam mahasiswa yang berencana untuk mencuri lukisan bersejarah karya Raden Saleh yang harganya sangat fantastis.

Keenam mahasiswa tersebut yakni Piko "The Forger" (Iqbaal Ramadhan), Ucup "The Hacker" (Angga Yunanda), Fella "The Negotiator" (Rachel Amanda Aurora).

Lalu, ada Gofar "The Handyman" (Umay Shahab), Sarah "The Brute" (Aghniny Haque), dan Tuktuk "The Driver" (Ari Irham).

Kualitas yang menarik dengan cerita yang mudah dipahami, Mencuri Raden Saleh mendapat 2.350.741 penonton dan memborong 9 nominasi Piala Citra FFI 2022 termasuk Film Terbaik.

Ngeri Ngeri Sedap adalah film drama komedi karya Bene Dion Rajagukguk yang mengisahkan satu keluarga dari suku batak.

Film yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia ini diperankan oleh Arswendy Bening Swara, Tika Panggabean, Boris Bokir, Lolox, Indra Jegel, Soleh Solihun, dan masih banyak lagi.

Ditonton lebih dari 2,8 juta penonton, kesuksesan film tersebut tak sampai situ saja, film yang diberi judul internasional Coming Home ini mewakili Indonesia di ajang Oscars 2023 kategori Film Fitur Internasional Terbaik.

Selain itu, film ini juga didaftarkan dalam kategori Film Panjang Internasional Terbaik di Academy Awards ke-95.

Ivanna

Ivanna juga menjadi salah satu film horor yang paling populer sepanjang 2022. Film ini diadaptasi dari novel Ivanna van Dijk karya Risa Saraswati.

Ivanna adalah spin-off dari Danur 2: Maddah yang mengisahkan kehidupan sosok hantu Belanda bernama Ivanna.

Film ini dibintangi oleh Caitlin Halderman, Jovarel Callum, Junior Roberts, Shandy William, Sonia Alyssa, Taskya Namya, Yayu Unru, Rina Hasyim, Yati Surachman, Tanta Ginting, dan Mohammad Khan.

Film garapan Kimo Stamboel ini menjulang kesuksesan karena berhasil menduduki peringkat keempat film terlaris sepanjang tahun 2022, bahkan berhasil meraup 2.793.775 penonton.

The Doll 3

The Doll 3 merupakan salah satu film populer sepanjang 2022 ini. Film ini adalah sekuel dari The Doll yang dirilis pada tahun 2016.

Dibintangi Jessica Mila dan Winky Wiryawan, film The Doll 3 ini mengisahkan tentang boneka yang dirasuki oleh arwah.

Teror boneka arwah ini membuat nyawa Jessica Mila terancam.

Kisah yang menakutkan dari boneka arwah itu membuat The Doll 3 berhasil mengumpulkan 1,76 juta penonton.

Jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah The Doll 2 yakni 1,2 juta dan The Doll yang ditonton 500 ribuan.

Film Perfect Strangers menjadi salah satu film paling populer sepanjang tahun 2022.

Perfect Strangers merupakan film box office dari Italia tahun 2016, yang sukses meraup keuntungan sebesar 31 juta dolar dan kemudian di remake oleh rumah produksi Falcon Pictures.

Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Adipati Dolken, Darius Sinatrhya, Denny Sumargo, Nadine Alexandra, Clara Bernadeth, dan Jessica Mila.

Perfect Strangers mengisahkan tentang reuni di antara tujuh orang sahabat. Reuni yang dilakuan dalam bentuk acara makan malam bersama ini terbilang sangat spesial.

Bukan tanpa alasan, reuni ketujuh teman lama ini dilakukan setelah mereka sudah tidak bertemu selama bertahun-tahun.

Reuni ini berisikan banyak interaksi yang sangat nostalgia. Mulai dari obrolan sampai candaan, semuanya menjadi riuh riang mengingat masa-masa lalu yang pernah mereka lalui bersama.

Kebahagian itu sayangnya tidak berlalu lama karena permainan unik. Di mana semua yang ada di sana harus menaruh handphone mereka di tengah-tengah meja makan.

Sampai akhirnya satu-satu rahasia dari persahabatan ini mulai terbongkar.

Black Adam

Black Adam juga menjadi salah satu film populer sepanjang tahun 2022.

Film ini mengisahkan tentang Teth Adam, seorang pria yang hidup di tengah perbudakan yang kemudian mendapatkan kekuatan Shazam.

Film ini mengeksplorasi bagaimana Teth Adam mendapatkan keadilan versinya sendiri setelah mengalami pengalaman traumatis sebagai budak di era Mesir Kuno.

Black Adam juga sukses di pasaran dan berhasil mengantongi 73 juta juta dolar US atau sekitar Rp1,141 triliun dari 76 negara.

Sehingga, total pendapatan Black Adam pada pekan pertama penayangannya mencapai 140 juta dolar US atau Rp2,18 triliun secara global.

20th Century Girl

20th Century Girl merupakan salah satu film yang populer sepanjang tahun 2022. Film 20th Century Girl ini bahkan pernah menjadi trending di Twitter.

Tak hanya trending di Twitter, film drama romance Korea Selatan ini juga masuk Top 10 Movies Netflix Global.

Film yang diperankan oleh Kim Yoo Jung (Na Bo Ra), Byeon Woo Seok (Poong Woon Ho), Park Jung Woo (Baek Hyun Jin), dan Roh Yoon Seo (Yeon Do) ini menarik perhatian publik.

Film karya sutradara Bang Woo Ri ini bercerita tentang kisah cinta remaja sekolah. Kisah cinta remaja ini rupanya berasal dari kisah nyata sang sutradara selama menjalani masa SMA.

Tak heran jika ia pun mampu menuliskan naskah film 20th Century Girl dengan sangat baik.

Meski banyak penonton beropini bahwa kisah yang dihadirkan cukup klise, tetapi alur cerita yang menarik membuat mereka tetap menonton film ini sampai akhir.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/12/24/144941266/kaleidoskop-2022-10-film-populer-sepanjang-tahun-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke