Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Rekomendasi Film Korea tentang Ayah dan Anak, Cocok Ditonton bersama Keluarga

KOMPAS.com – Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu negara yang memiliki industri hiburan populer di dunia. Salah satu industri di negara ini yang mulai digemari adalah film.

Sama seperti Hollywood, film-film Korsel kini hadir dengan berbagai genre, mulai dari romantis, komedi, horor, thriller, hingga keluarga.

Keluarga menjadi salah satu genre populer yang digemari penonton. Sejumlah film, seperti Miracle in Cell Number 7 (2013) dan Train to Busan (2016, menambah kecintaan penonton akan film-film bertemakan keluarga Korea.

Salah satu tema film keluarga yang cukup populer adalah hubungan atau interaksi antara ayah dan anak. Genre ini semakin populer bagi penonton Indonesia, apalagi di negeri ini ada  peringatan Hari Ayah Nasional setiap tanggal 12 November.

Nah, bagi kamu yang ingin menyaksikan film Korsel berisi tentang perjuangan seorang ayah untuk anaknya, simak enam daftarnya berikut yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Miracle in Cell No 7 (2013)

Film yang disutradarai oleh Lee Hwan Kyung ini cukup menarik banyak perhatian dari khalayak penikmat film. Bahkan, kepopulerannya membuat film ini banyak dibuat ulang oleh beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Film Miracle in Cell No 7 bercerita tentang seorang Ayah bernama Lee Yong Go (Ryu Seung Ryong) yang memiliki keterbelakangan mental.

Hidup berdua dengan sang anak, Yong Go harus menerima nasibnya untuk tinggal di balik jeruji besi dan menjalani hukuman mati karena dituduh melakukan pembunuhan dan pelecehan seksual pada anak seorang komisaris polisi.

Selama di penjara, Yong Go sangat ingin bertemu dengan anak perempuanya bernama Lee Ye Sung (Kal So Won). Segala cara dilakukan oleh Yong Go agar bisa bertemu kembali dengan Ye Sung.

Merasa kasihan, para narapidana lain yang berada di satu sel dengan Yong Go melakukan berbagai cara untuk membantu Yong Go bertemu dengan Ye Sung.

Interaksi antara Yong Go yang memiliki keterbelakangan mental dengan sang anak membuat seluruh penonton ikut menangis.

Tak hanya itu, film Miracle in Cell No 7 tersebut juga berhasil meraih 12,8 juta penonton selama 46 hari penayangan dan meraup keuntungan hingga 81,1 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 1,17 triliun saat perilisannya pada Januari 2013.

Bagi yang penasaran dengan perjalanan Yong Go untuk bertemu kembali dengan Ye Sung bisa menonton Miracle in Cell No 7 melalui aplikasi nonton online Netflix.

Tak sedikit, film Korea banyak mengangkat isu-isu sosial yang sedang menjadi perbincangan. Salah satunya adalah Hope yang dirilis pada 2013.

Film besutan sutradara Lee Joon Ik tersebut diangkat dari kisah nyata. Ceritanya berfokus pada kisah gadis kecil bernama Im So Won (Lee Re) yang mengalami pelecehan seksual hingga mengalami trauma berat.

So Won merupakan anak tunggal yang tinggal bersama ayah dan ibunya. Meski demikian, ia selalu merasa mandiri karena ayah dan ibunya sibuk bekerja mencari uang.

Karena terbiasa hidup sendirian, So Won tumbuh menjadi gadis yang mandiri.

Suatu saat, tragedi buruk menimpanya saat berangkat ke sekolah. Gadis kecil itu menjadi korban pemerkosaan secara sadis oleh seorang pria di sebuah toilet umum.

Sejak kejadian tersebut, So Won mengalami gangguan stres pascatrauma atau PTSD. Ia bahkan takut untuk bertemu dengan pria dewasa, bahkan ayahnya sendiri.

Merasa sedih, sang ayah melakukan berbagai cara untuk bisa bertemu dengan anaknya kembali. Dia bahkan rela memakai pakaian badut agar So Won tidak merasa takut bertemu dengannya.

Berkat kisahnya yang begitu menyentuh, Hope meraih penghargaan Film Terabik pada ajang Blue Dragon Film Awards ke-34.

Kisah mengharukan So Won dan sang ayah bisa disaksikan melalui platform menonton online VIU.

Train to Busan menjadi salah satu film yang banyak dibicarakan oleh para penggemar film korea maupun film pada umumnya. Sebab, film ini berhasil menjual lebih dari 10 juta tiket selama masa penayangannya.

Tak hanya itu, film ini juga berhasil memenangkan 22 penghargaan, di antaranya dalam gelaran acara Baek Sang Art Award 2017, BloodGuts UK Horror Awards 2016, Blue Dragon Awards 2016, Buil Film Awards 2016, Chunsa Film Art Awards 2017, dan Fangoria Chainsaw Awards 2017.

Film ini bercerita mengenai Seok Woo (Gong Yoo) yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sebagai manajer keuangan yang telah bercerai dengan sang istri. Kesibukannya itu yang membuat dirinya pelan-pelan menjauh dan tidak mengetahui kehidupan sang anak, Soo An (Kim Su An).

Tepat pada hari itu, Soo An merayakan ulang tahunnya dan memiliki keinginan untuk bertemu dengan sang Ibu. Ingin membuat sang Anak merasa senang, Seok Woo mengajak Soo An pergi untuk mengunjungi ibunya ke Busan dengan menaiki kereta.

Dalam perjalanan, kejadian tak terduga datang menghampiri Seok Woo dan Soo An. Rupanya di dalam kereta ada seorang penumpang wanita yang terluka dengan gigitan besar di kakinya. Diketahui kemudian, wanita ini terinfeksi dengan virus zombie yang mematikan.

Perjalanan kereta menuju Busan itu menjadi kacau karena banyak penumpang yang mulai terinfeksi oleh virus zombie tersebut. Bahkan, beberapa stasiun yang disinggahi oleh kereta tersebut telah berubah menjadi rumah bagi lautan zombie.

Sebagai ayah, Seok Woo berusaha melakukan segala cara untuk melindungi putrinya, mulai dari kabur menjauh dari gerbong penuh dengan zombie hingga berjuang membunuh para zombie itu.

Bagaimana akhir perjuangan Seok Woo dalam menyelamatkan Soo An dari terkaman zombie di dalam kereta tersebut? Akankah Seok Woo dan Soo An berhasil keluar dari kereta tersebut dan sampai ke Busan dengan selamat? Kisah yang menguras air mata tersebut dapat Anda saksikan melalui aplikasi nonton online Netflix.

A Taxi Driver merupakan film yang diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang ayah pada peristiwa Gwangju 1980.

Film yang dibintangi oleh Song Kang Ho, Yoo Hae Jin, Ryu Jun Yeol, dan Thomas Kretschmann menjadi Film Terbaik versi Blue Dragon Film Awards 2017 dan Daejong Film Awards 2017.

Menempati urutan ke-12 sebagai film yang paling banyak ditonton sepanjang sejara Korsel, film ini juga berhasil membawa piala bagi Song Kang Ho sebagai aktor terbaik.

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang ayah yang hanya hidup berdua dengan anak perempuannya. Segala cara dilakukan Kim Man Soeb (Song Kang Ho) untuk dapat memberikan kehidupan yang layak dan nyaman untuk putrinya.

Suatu hari, Man Soeb mendengar kabar bahwa ada seorang wartawan asing yang akan membayar 100.000 won untuk perjalanan dari Seoul menuju Gwangju.

Terdesak banyak utang dan kebutuhan untuk anaknya, Man Soeb nekat mencari wartawan asing tersebut dan mengantarnya hingga ke Gwangju.

Berbagai rintangan harus mereka berdua hadapi untuk mencapai Gwangju, mulai dari memalsukan identitas diri sebagai wartawan asing hingga petugas kemanusiaan gereja.

Tak disangka, di tengah perjalanan, keduanya semakin menemukan banyak rintangan. Man Soeb mengaku sudah tak sanggup untuk melanjutkannya. Namun, lagi-lagi dirinya terbentur dengan bayaran yang tidak sedikit itu.

Apakah Man Soeb dan wartawan asing tersebut dapat sampai ke Gwangju dengan selamat? Bagaimana kisah keduanya selanjutnya?

Kisah seru Man Soeb ini bisa disaksikan melalui platform menonton online VIU.

Sedikit berbeda dengan film lainnya, Daddy You, Daughter Me mengusung tema komedi keluarga yang cocok untuk ditonton bersama keluarga saat akhir pekan.

Film ini bercerita tentang bagaimana kehidupan seorang ayah dan anak perempuannya yang tidak memiliki hubungan baik dan kerap kali bertengkar.

Won Do Yeon (Jung So Min) adalah seorang siswa sekolah menengah atas (SMA). Dalam kehidupan sehari-hari, Do Yeon tidak memiliki hubungan yang baik dengan sang ayah Won Sang Tae (Yoon Je Moon). Ia merasa sang ayah kerap mengomel dan menyuruhnya untuk belajar.

Pada suatu malam, saat Do Yeon dan Sang Tae bertengkar hebat, tanpa sengaja jiwa mereka tertukar satu sama lain. Kondisi ini membuat keduanya harus bertukar aktivitas, yakni Sang Tae berangkat ke sekolah dan Do Yeon berangkat ke kantor.

Lalu, apakah keduanya bisa saling menjalani kehidupan setelah bertukar jiwa dengan baik? Apakah keduanya malah semakin dijauhkan dan bertengkar? Kisah kehidupan sehari-hari Do Yeon dan Sang Tae tersebut dapat Anda saksikan melalui aplikasi nonton online di Hulu, Iflix, dan VIU.

Aktor terkenal Sung Dong Il kembali meramaikan dunia perfilman. Kali ini, ia mendapatkan kesempatan untuk bermain perang bersama dengan Kim Hee Won dan Park So Yi dalam film keluarga.

Banyak mencuri perhatian penggemar film, Pawn diketahui berhasil menjadi salah satu film yang ditampilkan pada gelaran acara Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2022.

Film ini bercerita mengenai Doo Seok (Sung Dong Il) dan Jong Bae (Kim Hee Won) yang bekerja sebagai debt collector di daerah Incheon, Seoul.

Suatu hari, Doo Seok dan Jong Bae mendatangi Myung Ja (Kim Yun Jin) untuk menagih hutangnya yang sudah lama menumpuk. Sayangnya, mereka tak membawa uang sepeserpun dan membawa Seung Yi (Park So Yi), putri dari Myung Ja sebagai jaminan.

Alih-alih melunasi hutangnya, Myung ja harus terdeportasi dari Korsel karena menjadi imigran ilegal. Hal ini membuat Seung Yi harus tinggal bersama Doo Seok dan Jong Bae.

Perjalanan ketiganya pun dimulai, berbagai rintangan dihadapi Doo Seok dan Jong Bae yang berperan sebagai ayah dan mengurusi segala kebutuhan bagi Seung Yi.

Namun, apakah hubungan Doo Seok dan Jong Bae kepada Seung Yi akan berjalan dengan baik? Atau Doo Seok justru menganggap Seung Yi sebagai anaknya dan rela mengurusnya hingga tumbuh dewasa?

Penasaran dengan kisah Doo Seok, Jong Bae, dan Seung Yi? Anda dapat menyaksikannya melalui aplikasi nonton online di VIU.

Itulah enam rekomendasi film Korea yang berisi interaksi antara seorang ayah dan sang anak. Jadi, film mana yang menjadi pilihan untuk ditonton bersama keluarga di akhir pekan?

https://www.kompas.com/hype/read/2022/11/24/200000366/6-rekomendasi-film-korea-tentang-ayah-dan-anak-cocok-ditonton-bersama

Terkini Lainnya

Lepas Nama Pepeng Naif, Franki Indrasmoro Rilis Lagu Ceriakan Dunia

Lepas Nama Pepeng Naif, Franki Indrasmoro Rilis Lagu Ceriakan Dunia

Musik
Sinopsis Valerian and The City of A Thousand Planets, Kisah Dua Agen Pemerintah

Sinopsis Valerian and The City of A Thousand Planets, Kisah Dua Agen Pemerintah

Film
Sinopsis Film Clash of The Titans, Perebutan Kekuasaan antara Manusia, Raja, dan Dewa

Sinopsis Film Clash of The Titans, Perebutan Kekuasaan antara Manusia, Raja, dan Dewa

Film
Sinopsis How to Make Millions Before Grandma Dies, Film Thailand yang Kuras Air Mata

Sinopsis How to Make Millions Before Grandma Dies, Film Thailand yang Kuras Air Mata

Film
Album Klasik Lauryn Hill 'Miseducation' Berada di Puncak Daftar Album Terbaik Apple Music Sepanjang Masa

Album Klasik Lauryn Hill "Miseducation" Berada di Puncak Daftar Album Terbaik Apple Music Sepanjang Masa

Musik
How to Make Millions Before Grandma Dies Raih Hampir 800.000 Penonton di Hari Ke-8 Tayang

How to Make Millions Before Grandma Dies Raih Hampir 800.000 Penonton di Hari Ke-8 Tayang

Film
Sinopsis Film The New Legend of Shaolin, Aksi Jet Li Selamatkan Diri

Sinopsis Film The New Legend of Shaolin, Aksi Jet Li Selamatkan Diri

Film
7 Girl Group Kpop yang Patut Dapat Pengakuan Lebih

7 Girl Group Kpop yang Patut Dapat Pengakuan Lebih

Seleb
Byeon Woo Seok Cerita Pernah Dianggap Tidak Akan Sukses Jadi Aktor

Byeon Woo Seok Cerita Pernah Dianggap Tidak Akan Sukses Jadi Aktor

K-Wave
Ashanty Ungkap Hal Romantis yang Dilakukan Anang Hermansyah

Ashanty Ungkap Hal Romantis yang Dilakukan Anang Hermansyah

Seleb
12 Tahun Menikah dengan Anang, Ashanty: Yang Penting Komunikasi

12 Tahun Menikah dengan Anang, Ashanty: Yang Penting Komunikasi

Seleb
Suzy dan Park Bo Gum Jadi Pramugari dan Pramugara Pesawat di Film Wonderland

Suzy dan Park Bo Gum Jadi Pramugari dan Pramugara Pesawat di Film Wonderland

K-Wave
Kehamilan Pertama Syahrini dan Kebahagiaan Para Artis

Kehamilan Pertama Syahrini dan Kebahagiaan Para Artis

Seleb
Ketika Sitha Marino Merasa Bersalah soal Konten ‘Tunangan’…

Ketika Sitha Marino Merasa Bersalah soal Konten ‘Tunangan’…

Seleb
Tertangkapnya DPO Pembunuh Vina di Tengah Kontroversi Filmnya

Tertangkapnya DPO Pembunuh Vina di Tengah Kontroversi Filmnya

Film
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke