Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Menarik di Panggung Oscar 2022, Heningkan Cipta untuk Ukraina hingga Insiden Will Smith Tampar Chris Rock

Beberapa kejadian menarik terungkap dalam ajang penghargaan film prestisius itu.

Di antaranya, ada momen mengheningkan cipta di Oscar 2022 untuk mendoakan Ukraina.

Selain itu, yang paling mengejutkan adalah insiden aktor Will Smith yang menampar presenter Chris Rock. Berikut rangkuman Kompas.com dari berbagai sumber.

Mengheningkan cipta untuk Ukraina

Perhelatan Oscar 2022 memberi perhatian khusus atas tragedi invasi Rusia ke Ukraina.

Para hadirin dipersilakan untuk hening sebentar untuk menunjukkan dukungan kepada rakyat Ukraina.

Sebelumnya, banyak antisipasi mengenai apakah Oscar akan menayangkan video pernyataan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Namun, tak lama setelah penampilan Reba McEntire "Somehow You Do" dari drama Four Good Days, panggung menjadi gelap dan kalimat muncul di layar.

"Kami ingin mengheningkan cipta sejenak untuk menunjukkan dukungan kami kepada orang-orang di Ukraina yang saat ini yang menghadapi invasi, konflik, dan prasangka di dalam perbatasan mereka sendiri," bunyi kalimat itu, dilansir dari Hollywood Reporter, Senin.

Jane Campion cetak sejarah

Sutradara Jane Campion memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik di ajang Oscar 2022 lewat film karyanya, The Power of The Dog.

Jane Campion mencetak sejarah dengan menjadi wanita ketiga yang menang sebagai sutradara di Oscar, hanya setahun setelah Chloe Zhao menjadi yang kedua dengan film Nomadland.

Sebelumnya, Kathryn Bigelow menjadi sutradara wanita pertama yang menang Oscar lewat film The Hurt Locker.

Membuka pidato dengan bahasa asli Selandia Baru, Jane Campion mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dirinya mewujudkan The Power of The Dog.

Dune raih 6 Oscar

Film Dune menjadi pemborong terbanyak piala di Oscar 2022, dengan raihan 6 piala.

Meski gagal memenangkan kategori Film Terbaik dan Naskah Terbaik, Dune berhasil membawa pulang banyak kategori yang tak kalah bergengsi.

Film yang disutradarai oleh Denis Villeneuve itu meraih penghargaan Best Cinematography, Best Music, Best Sound, Best Film Editing, Production Design hingga Vissual Effect.

Ia meraih penghargaan kategori Best Actor In a Supporting Role melalui aksinya dalam film musikal CODA di ajang Piala Oscar 2022.

Dalam pidato kemenangannya, Troy Kotsur mengaku sangat bahagia dan menyebut kemenangannya ini dipersembahkan untuk seluruh komunitas penyandang disabilitas di seluruh dunia.

"Ini dedikasi untuk komunitas tuli, komunitas CODA, kita berhasil," ujar Kotsur.

Aktor Will Smith menampar presenter Chris Rock karena dinilai melecehkan istrinya, Jada Pinkett Smith.

Saat itu, Chris Rock melontarkan candaan di atas panggung Oscar sebelum mengumumkan pemenang kategori Film Dokumenter Terbaik.

Will Smith yang merasa tersinggung dengan lelucon itu bangkit dari tempat duduknya, menghampiri Chris Rock dan menamparnya dengan keras.

Pada saat jeda iklan, beberapa aktor pun tampak mencoba untuk menenangkan Will Smith yang tengah menangis karena tak kuasa menahan emosinya.

Ada Denzel Washington, Bradley Copper hingga Tyler Perry yang mencoba menghibur Will Smith.

Will Smith pun meminta maaf atas kejadian tersebut saat mengucapkan pidato kemenangannya.

Diketahui, Will Smith membawa pulang piala Oscar 2022 untuk kategori Aktor Pemeran Utama Pria Terbaik lewat perannya dalam film King Richard.

Piala itu mereka raih lewat lagu "No Time to Die" yang menjadi soundtrack film James Bond berjudul sama.

Dengan penghargaan itu, Billie Eilish membuat rekor baru.

Ia menjadi orang termuda yang pernah menang di tiga ajang penghargaan berbeda.

Sebelumnya, Billie Eilish meraup penghargaan untuk "No Time to Die" di Grammy Awards 2021 untuk Best Song for Visual Media dan Golden Globe 2022 untuk Best Original Song.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/29/122118666/fakta-menarik-di-panggung-oscar-2022-heningkan-cipta-untuk-ukraina-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke