Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Miliarder, Ghozali Everyday Buat Orang Tua Terkejut

Ghozali memang mendadak populer dan dibicarakan tak hanya di Indonesia tapi juga sampai luar negeri karena berhasil menjual foto selfie yang dikumpulkannya sejak tahun 2017 hingga 2021 lewat Non Fungible Token (NFT) melalui OpenSea.

Popularitas mahasiswa semester 7 salah satu universitas swasta di Kota Semarang, Jawa Tengah itu ternyata membuat orang tuanya heran.

"Respons keluarga pas tahu? Kaget enggak? Lu bikin apa sih?" tanya Rudy Salim dikutip dari YouTube Prestige Productions.

"Iya (kaget), soalnya orang tua juga masih enggak paham soal NFT," kata Ghozali sambil tersenyum.

Meskipun terkejut melihat anaknya tiba-tiba populer, tapi Ghozali mengungkap bahwa orang tuanya merasa bangga kepada dirinya. 

"Ya bangga. Soalnya orang tua juga wirausaha, cuma lagi sepi," kata Ghozali yang merupakan anak pedagang batik itu.

Terlebih Ghozali juga memanfaatkan uang yang dihasilkan dari menjual NFT untuk membantu orang tuanya. 

"Beberapa udah saya tarik buat bantu orang tua," tutur Ghozali.

"Sudah dipasrahin (diserahkan) ke orang tua, jadi orang tua yang ngatur, saya tinggal kalau pengin, minta," kata Ghozali.

Mendengar pengakuan Ghozali, Rudy lantas memaklumi kesuksesan yang kini diraih Ghozali dalam usia 22 tahun.

"Kamu dari tadi saya pancing, beli mobil enggak, beli ini enggak, tapi tujuannya untuk aktualisasi diri, kamu mau bangun studio, kamu mau kerja, mau bantu keluarga," kata Rudy.

"Makanya rezeki kamu juga jalan. Coba kalau dari tadi saya tanya 'mau beli mobil enggak,' (dijawab) mau, mungkin rezekinya enggak kayak gini," sambung Rudy.

Meskipun telah memiliki banyak uang dari NFT, selain masih tetap berkecimpung di dunia NFT, mahasiswa jurusan animasi ini berharap bisa membangun sebuah studio animasi sendiri.

Sebelumnya diberitakan, Ghozali mengakui ada banyak orang yang muncul dan mengaku sebagai teman hingga saudara. Tidak itu saja, mereka juga terang-terangan meminjam uang kepada Ghozali. 

Ghozali dikenal luas setelah berhasil menjual foto selfie dirinya yang dikumpulkan sejak usia 18 tahun hingga 22 tahun. 

Dari 933 foto di laman OpenSea miliknya, Ghozali berhasil menjual satu foto selfie dengan harga termurah sekitar 0,3 ETH atau setara Rp 14,3 juta untuk satu foto selfie.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/03/185319066/jadi-miliarder-ghozali-everyday-buat-orang-tua-terkejut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke