Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Rekomendasi Film tentang Klaustrofobia, Bikin Sesak Napas!

JAKARTA, KOMPAS.com - Klaustrophobia adalah perasaan yang tidak mengenakkan, tetapi terkadang membuat para sineas terinspirasi untuk membuat film.

Film yang berhubungan dengan klaustrophobia dapat memberikan rasa tidak bisa melarikan diri, merasa sesak dan tidak bisa bernapas akibat terjebak dalam ruangan sempit terlalu lama.

Berikut beberapa rekomendasi film tentang klaustrophobia yang dapat menjadi referensi tontonan Anda.

1. The Platform (2019)

Mengambil era di dunia dystopian, film ini berkisah tentang warga terjebak dalam klaustrofobia yang bertingkat tinggi dan berbasis kelas.

Penghuninya, yang berganti setiap 30 hari di antara banyak lantai, diberi makan melalui platform yang awalnya diisi dengan makanan dari lantai atas secara bertahap turun melalui tingkat menara dan berhenti di masing-masing lantai.

Sistem ini mau tidak mau menimbulkan konflik karena penduduk di tingkat atas bisa makan sebanyak yang mereka bisa.

Sedangkan penghuni tingkat bawah hanya mendapatkan sisa makanan dari yang sebelumnya.

2. The Monster (2016)

Film ini berkisah seorang ibu pecandu alkohol dan putrinya yang masih kecil berada di jalan pedesaan kecil dengan mobilnya yang mogok.

Mereka sedang dikuntit oleh makhluk ganas dan akhirnya terjebak di dalam mobil.

3. Buried (2010)

Film ini menceritakan tentang Ryan Reynolds yang berperan sebagai sopir truk di Timur Tengah tiba-tiba ditangkap oleh teroris dan dikubur hidup-hidup di peti mati.

Dia memiliki ponsel dengan akses terbatas dan pemantik api yang menyedot oksigen yang sangat dibutuhkannya.

Dia mati-matian berpacu dengan waktu, mencoba menghubungi kedutaan sehingga mereka dapat menemukannya dan menggalinya sebelum terlambat.

4. 127 Hours (2010)

Film ini menceritakan kisah nyata Aron Ralston yang terjebak saat mendaki Grand Canyon di Utah, Amerika Serikat.

Diperankan oleh aktor James Franco, dia akhirnya terjebak di ruang sempit antara dua dinding Grand Canyon setelah sebuah batu jatuh di lengannya.

Judul film mengarah pada jumlah waktu Ralston terjebak dalam situasi seperti neraka ini tanpa ada harapan untuk diselamatkan.

5. 10 Cloverfield Lane (2016)

Film ini berkisah tentang tiga orang yang bersembunyi bersama di bunker bawah tanah karena adanya virus.

Aktris Mary Elizabeth Winstead memerankan Michelle, perempuan yang menabrakkan mobilnya dan bangun mendapati dirinya telah dibawa ke bunker oleh seorang pria bernama Howard (John Goodman).

Dia mengatakan padanya bahwa dia tidak bisa pergi karena telah terjadi serangan zat kimia asing yang membuat udara di luar bunker terkontaminasi.

6. The Descent (2005)

Mengambil setting tempat di tengah-tengah gua dengan situasi yang paling mencekam, tidak menyenangkan, dan sesak.

The Descent berkisah tentang sekelompok penjelajah yang berhadapan dengan spesies mutan yang tinggal di bawah tanah dengan kondisi haus darah dengan penglihatan malam yang tajam.

7. Panic Room (2002)

Sebuah film thriller Amerika keluaran 2002 yang disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh Jodie Foster dan Kristen Stewart sebagai ibu dan anak perempuan.

Panic Room menceritakan ketika rumah mereka diserang oleh pencuri, sang ibu dan anak perempuannya mengamankan diri di ruang darurat yang tersembunyi.

Mereka berdua terjebak di dalam ruang itu hingga sang pencuri mengetahui jika ada sesorang yang sedang di dalam ruangan itu.

Itulah ketujuh rekomendasi film tentang klaustrophobia yang dapat menjadi daftar tontonan Anda. Selamat menonton!

https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/28/174500866/7-rekomendasi-film-tentang-klaustrofobia-bikin-sesak-napas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke