Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Melanie Subono Tulis Surat Wasiat

Sebagai informasi, Rumah Harapan merupakan gerakan penggalangan dana kemanusiaan yang Melanie Subono inisiasi sejak 14 tahun yang lalu.

Hal ini terinspirasi dari sebuah gerakan yang pernah digagas Oprah Winfrey.

Bahkan di tengah pandem Covid-19 ini, Melanie dan Rumah Harapan terus berupaya membantu masyarakat Indonesia yang ekonomi terdampak.

"Mereka sudah kayak sistem sih. Gue prepare, karena kali ini gue agak-agak takut sih masuk operasi, jadi gue prepare seolah-olah enggak bangun lagi. Aneh ya?" kata Melanie Subono saat ditemui di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (2/11/2021).

"Gue sampai bikin surat warisan, surat wasiat untuk anjing-anjing, kucing-kucing gue. 'Kalau gue enggak bangun lagi, kirim ini ya, sembako ke sini ya, kirim ini dan itu ya'. Puji Tuhan sih (Rumah Harapan) jalan dan harus jalan. Rumah Harapan akan selalu jalan," ujar Melanie Subono melanjutkan.

Adapun Melanie Subono sudah beberapa kali menjalani operasi seperti tumor, kista, maupun miom, dan terakhir pengangkatan rahim serta ovarium.

Efek dari operasi terakhirnya ini, Melanie Subono sudah tidak bisa punya anak meskipun itu program bayi tabung.

"Gue baru ketampar kemarin. Untuk satu hal ini gue belum masih segitu terima dan belum begitu ready. Selama ini sudah dikasih tahu, tapi sekarang baru di-confirm," ucap Melanie Subono.

"Nah, 'lu sudah bukan perempuan, lu sudah enggak bisa punya anak, lu sudah enggak bisa'," ujar Melanie Subono menirukan perkataan kepada dirinya sendiri.

Tidak ingin orang di sekitarnya mengalami hal yang sama, Melanie Subono mengimbau kepada setiap perempuan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Pemeriksaan kesehatan tersebut, kata Melanie Subono, sebagai bentuk seorang perempuan mencintai dirinya sendiri.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/02/161209466/sebelum-jalani-operasi-pengangkatan-rahim-melanie-subono-tulis-surat-wasiat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke