Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suga BTS Kritik Sikap Label Musik

Suga melihat bagaimana artis harus tampil di berbagai acara musik berbeda ketika mereka mempromosikan lagu baru.

Tak hanya membuat lelah artis dan meningkatkan risiko cedera, tapi artis juga mendapat penghasilan rendah karena tujuannya adalah promosi.

"Pertunjukan musik seperti itu untuk tujuan promosi, jadi artis tidak bisa mendapatkan penghasilan yang layak dari mereka," kata Suga saat wawancara dengan Weverse magazine.

Menurutnya, masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki dalam industri musik dan sistemnya.

Sementara dia merasa beruntung bergabung dengan Big Hit Music yang mau mendengarkan pendapat artis mereka, membiarkan mereka berkreasi dan melihat seberapa jauh mereka bisa melangkah sendiri, mengetahui sampai tingkat tertentu apa yang terbaik secara komersial.

"Saya pikir label harus secara aktif mengakomodasi pandangan artis tentang apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan," ujar Suga.

Dia menyayangkan masih adanya label yang meminta artis mereka melakukan apa yang menurut label baik, tanpa menjelaskan pada artis mereka.

"Tentu saja, masih ada situasi di mana label harus memaksa seperti itu, tentu saja. Tapi saya mendengar ada kalanya label hanya akan mengatakan, 'Lakukan', tanpa penjelasan apa pun kepada artis, atau, 'Mengapa Anda banyak bicara?'," ucap Suga.

Sikap seperti itu yang menurutnya bisa menghancurkan industri musik.

"Jika anda hanya melihat artis sebagai produk, bagaimana mereka bisa melakukan sesuatu yang kreatif?," kata Suga.

"Saya benar-benar berpikir itu sangat kontradiktif untuk meminta orang-orang di atas panggung menampilkan pertunjukan yang menyenangkan ketika mereka tidak mengalami kesenangan atau kenikmatan," sambungnya.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/03/122747166/suga-bts-kritik-sikap-label-musik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke