Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Lagu Ikonik dari Film-film Marvel Cinematic Universe

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurang lengkap rasanya bila sebuah film tidak menggunakan lagu untuk menunjang adegan-adegannya.

Begitu pula dengan film-film action superhero yang kerap bekerja keras menciptakan atau memilih lagu terbaik untuk berbagai adegan mereka.

Marvel Cinematic Universe adalah salah satu dari banyaknya pilihan film pahlawan dengan soundtrack terbaik.

Diproduksi Marvel Studios, film-film Marvel Cinematic Universe mengadaptasi komik Marvel yang muncul sejak 1930-an silam dan didirikan oleh Martin Goodman.

Berikut lima soundtrack populer yang muncul dalam film-film Marvel Cinematic Universe.

1. All the Star, OST Black Panther (2018)

Muncul di bagian credit film, lagu pop rap ini diciptakan oleh rapper kenamaan Kendrick Lamar yang ia bawakan bersama penyanyi dengan nama panggung SZA.

Lagu ini dimuat dalam sebuah album khusus soundtrack berjudul Black Panther: The Album yang diproduseri oleh Kendrick Lamar.

Album tersebut berisi 14 lagu yang juga dibawakan sejumlah penyanyi ternama lainnya seperti The Weeknd, Jorja Smith, Khalid, dan Swae Lee.

"All the Star" sendiri berhasil meraih nominasi kategori Best Original Song dari Academy Awards dan Golden Globe serta empat kategori lainnya dari acara Grammy Awards.

Video musiknya yang sudah ditonton lebih dari 300 juta kali memenangkan Best Visual Effects pada acara penghargaan MTV Video Music Awards 2018 lalu.

2. Come and Get Your Love, OST Guardians of Galaxy (2014)

Lagu funk rock ini muncul pada adegan awal film Guardians of Galaxy saat Peter Quill (Chris Pratt) sedang menari-nari dengan tujuan mencuri sebuah orb misterius.

Dipilih langsung oleh sang sutradara, James Gunn, lagu ini pertama kali rilis pada 1974 dan dinyanyikan oleh band rock bernama Redbone.

"Come and Get Your Love" kemudian dimuat dalam album Guardians of the Galaxy: Awesome Mix Vol. 1 yang berisi 12 lagu mixtape oleh Peter Quill sesuai filmnya.

Pada Agustus 2014, album tersebut menjadi album soundtrack pertama dalam sejarah yang berhasil menduduki posisi pertama dalam tangga lagu Billboard 200 meski berisi lagu-lagu lawas.

3. Immigrant Song, OST Thor: Ragnarok (2017)

Rilis pertama kali pada 1970, lagu ini dinyanyikan oleh band rock lawas populer, Led Zeppelin.

Secara konsisten, sang sutradara Taika Waititi menggunakan lagu ini untuk trailer dan dua adegan ikonik dalam film keluaran 2017 tersebut.

Lagu hard rock ini muncul saat Thor melawan raksasa api Surtur serta ketika kekuatan super Thor muncul setelah disudutkan oleh saudara perempuannya, Hela.

4. Shoot to Thrill, OST Iron Man 2 (2010)

Satu lagi penggunaan lagu hard rock lawas dalam film pahlawan Marvel Cinematic Universe.

Kali ini, lagu yang dilantunkan oleh band AC/DC tersebut muncul dalam adegan Iron Man yang terjun dari sebuah pesawat dan mendarat di Stark Expo.

"Shoot to Thrill" sendiri pertama kali rilis pada 1980 silam dalam sebuah album berjudul Back in Black.

Tak hanya lagu "Shoot to Thrill", Iron Man 2 juga menggunakan lagu populer AC/DC lainnya seperti "Highway to Hell", "Thunderstruck", dan "Back in Black".

5. Smells Like Teen Spirit, OST Black Widow (2021)

Lagu yang diciptakan oleh band Nirvana tersebut muncul sebagai salah satu lagu tema untuk film terbaru Marvel, Black Widow.

Menceritakan kehidupan sang agen rahasia yang diperankan Scarlett Johansson, "Smells Like Teen Spirit" muncul dalam adegan pertama ketika film dimulai.

Lagu yang digunakan dalam film Black Widow adalah versi cover yang dinyanyikan oleh Malia J dan diproduksi oleh Think Up Anger.

Terdengar lebih mencekam, lagu versi Malia J sangat pas disandingkan dengan adegan montase sejumlah anak perempuan yang dipisahkan dan menjalani pelatihan di Red Room atau dikenal juga dengan program Black Widow.

Itulah kelima soundtrack yang mendampingi film secara keseluruhan atau adegan khusus di film-film Marvel Cinematic Universe. Manakah favorit Anda?

https://www.kompas.com/hype/read/2021/07/19/125500666/5-lagu-ikonik-dari-film-film-marvel-cinematic-universe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke