Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebut Beban Jadi Komika, Soleh Solihun: Pusing Cari Materi

Lewat kanal YouTube Sule Channel, Soleh Solihun menyebut, apa pun yang dilakukan mesti lucu di depan publik yang menyaksikannya.

“Beban, kayak gini kan harus lucu, ngobrol juga. Apalagi sama pelawak senior (ngobrolnya). Kalau enggak lucu, malu-maluin. Beban sebenarnya kalau gini, ketemu Anda,” kata Soleh tertawa dikutip Kompas.com, Jumat (14/5/2021).

Tak hanya harus lucu, Soleh Solihun mengatakan, seorang komika harus pandai dalam meracik materi lawakan di atas panggung.

Oleh karenanya, sebisa mungkin Soleh menyuguhkan materi yang tak diulang-ulang saat tampil.

“Kalau mau bikin show harus cari materinya. Kalau tapping di TV, ‘aduh ini udah pernah’, kan pusing nyari lagi materi. Kalau beda TV kan ‘ah ini udah pernah dibawain di TV ini’,” ucap Soleh.

“Susahnya gitu. Kalau kita ngulang nanti yang nonton (bilang) ‘ya ini udah pernah di tv ini’, kan enggak gampang bikin,” ujar bintang film Mau Jadi Apa? tersebut melanjutkan.

Kemudian, Soleh Solihun juga mengakui, sangat sulit mencari sebuah materi lawak yang benar-benar baru.

“Saya rasa semua lawakan juga susah ya, mau grup mau sendiri susah. Dan yang paling penting kan, orang mengerti apa enggak sama lawakannya (kita)” ujar Soleh Solihun.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/05/14/192529966/sebut-beban-jadi-komika-soleh-solihun-pusing-cari-materi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke