Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

1 Tahun Covid-19 di Indonesia, Para Artis Berbagi, dari APD, Makanan, hingga Endorsement Gratis

Munculnya virus SARS-CoV-2 di Indonesia sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan.

Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena bisnis tempat mereka bekerja harus tutup.

Selain itu, aksi borong orang-orang tidak bertanggung jawab menimbulkan kelangkaan alat pelindung diri seperti baju hazmat, masker, dan handsanitizer.

Berbagai elemen masyarakat, termasuk para pesohor, pun menggelar kegiatan amal untuk membantu masyarakat yang membutuhkan serta para tenaga kesehatan.

Kompas.com merangkum sejumlah kegiatan gotong royong yang dilakukan para artis membantu yang terdampak Covid-19.

1. Para artis berbagi APD

Karena situasi tersebut, sejumlah artis terdorong untuk menggalang dana untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri (APD) bagi para tenaga medis di sejumlah rumah sakit yang tersebar di Indonesia.

Contohnya Afghansyah Reza, Adab Hidayat, Rachel Vennya, hingga Maia Estianty. Mereka membuka donasi penggalangan dana rata-rata lewat Kitabisa.com.

Kemudian, ada beberapa artis yang rela melelang barangnya untuk membelikan APD bagi tenaga medis. Mulai dari Olla Ramlan, Teuku Zacky, Maia Estianty, Aming, dan Melaney Ricardo.

Bahkan, Najwa Shihab dan Dian Sastro melelang sneakers kesayangan untuk penggalangan dana.

Sementara, ada sejumlah artis lainnya lakukan donasi lewat program Bellagio Streaming Festival.

Sejumlah artis yang terlibat adalah Pandji Pragiwaksono, Aurelie Moeremans, Giring Ganesha dan Cynthia, Marchello Tahitoe, Tretan Muslim, serta Dokter Boyke, Uus, dan nama lainnya.

Dalam acara tersebut, para artis berhasil mengumpulkan donasi hingga bisa memberikan 400 APD untuk tenaga medis.

Kemudian, Nikita Mirzani mendonasikan Rp 100 juta untuk menyumbang APD untuk tenaga medis di RS Cipto Mangunkusomo.

Selain itu Dude Herlino pun ikut mencarikan APD untuk para tenaga medis di rumah sakit.

Kemudian, ada desainer Anne Avantieyang menggunakan konveksi miliknya untuk memproduksi APD untuk tenaga medis.

Lewat hal ini pula, Anne mengajak para penjahit lainnya agar mau dengan sukarela berkontribusi dalam turut serta membuat APD.

Para artis yang berbagi makanan

Tak hanya saling membantu untuk para tenaga medis, para artis juga membantu kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Misalnya, yang dilakukan YouTuber Edho Zell untuk mengajak masyarakat ambil bagian dalam Rantang Hati untuk membantu pengemudi ojek online (ojol).

Edho bekerja sama dengan Kitabisa.com dan Wahyoo, perusahaan yang menaungi warung-warung makan.

Selain membantu pekerja ojol, gerakan ini diharapkan juga bisa membantu warung makan agar tetap mendapat penghasilan.

Beberapa artis lain menyumbang makanan untuk para nakes yang bertugas di rumah sakit. Misalnya Ivan Gunawan, Ruben Onsu, dan Ashanty.

Kemudian, ada Andre Taulany dan Baim Wong membagikan makanan secara gratis.

Andre mendistribusikan makanan dan masker kepada masyarakat yang ia temui di sepanjang jalan saat berangkat syuting menaiki mobil.

Andre membagikan makanan berupa nasi dan ayam goreng, yang menurut Andre merupakan hasil kerja samanya dengan restoran milik pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty.

Baim Wong membagikan makanan kepada tukang loak hingga sopir ojek online yang didapati Baim belum mendapatkan penghasilan di hari itu. Bahkan Baim tak berkeberatan untuk memberi mereka tambahan uang.

Lalu, ada Andhika Pratama yang juga berbagi makanan kepada pengemudi ojek online.

Tak langsung turun ke jalan, Andhika berbagi dengan cara memesan makanan melalui aplikasi ojek online.

Kemudian, Andhika Pratama meminta sang pengemudi tidak mengantar pesanan ke rumahnya melainkan membawa makanan itu pulang untuk keluarganya.

Endorsement gratis

Para artis juga membantu mempromosikan barang-barang pengusaha kecil dengan memanfaatkan followers Instagram-nya.

Misalnya, penyanyi Melly Goeslaw yang membantu pedagang kecil untuk mempromosikan produk mereka gratis tanpa dipungut biaya.

Sama seperti Melly Goeslaw, penyanyi Ashanty menawarkan bantuan untuk mempromosikan produk jualan pengusaha rumahan secara gratis.

Ashanty juga memberi kesempatan pada mereka yang akhirnya memilih berjualan dari rumah untuk menambah penghasilan.

Dia hanya mensyaratkan satu hal, yaitu hanya akan mengulas produk yang cocok untuknya dan sesuai dengan seleranya, serta memiliki akun Instagram.

Sineas Ernest Prakasa membantu mempromosikan restoran yang terkena dampak pandemi virus corona atau Covid-19 secara gratis.

Melalui akun Instagram miliknya, Ernest Prakasa meminta para pemilik usaha kuliner di Jakarta mengirimkan foto-foto menu andalan mereka ke alamat emailnya.

Selain itu, Amanda Manopo juga turut membantu online shop terdampak Covid-19. Ia memberikan endorsement gratis kepada online shop yang mengalami kerugian lantaran pandemi Covid-19.

Kalina Ocktaranny turut ikut membantu para pelaku usaha kecil untuk mempromosikan gratis barang dagangan mereka di tengah wabah Covid-19.

Lalu, influencer Amel Carla juga turut membantu menerima endorse gratis bagi pengusaha UMKM terutama yang jual food and beverage.

Kemudian, ada Ussy Sulistiawaty yang juga ikut membantu para pelaku UMKM dengan mempromosikan usaha mereka secara gratis di media sosial Instagramnya.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/02/135016466/1-tahun-covid-19-di-indonesia-para-artis-berbagi-dari-apd-makanan-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke