Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Arnold Schwarzenegger kepada Orang yang Meragukan Vaksin Covid-19

Dia mengunggah videonya yang sedang divaksin di Stadion Dodger Los Angeles, Rabu (20/1/2021) di beberapa akun media sosialnya.

Dalam keterangan video tersebut, mantan gubernur California itu mengutip kalimat ikonik dari film Terminator, yakni "Come with me if you want to live" yang berarti "ikuti (tirulah) saya jika Anda ingin selamat".

Banyak yang memuji teladan yang ditunjukkan Arnold Schwarzenegger. Namun sejumlah warganet menyatakan keraguan tentang efektivitas vaksin Covid-19 di akun Facebook mertua aktor Chris Pratt tersebut.

Schwarzenegger pun menulis pesan panjang di Facebook kepada warganet yang meragukan vaksin Covid-19.

"Saya selalu mengatakan kita harus mengenali kekuatan kita dan mendengarkan para ahli," kata Schwarzenegger.

Dia menambahkan jika orang bisa belajar tentang membentuk otot dari dia karena dia telah mempelajari hal itu dan mendapat sebutan "pembentuk tubuh terhebat" sepanjang masa.

Schwarzenegger mengatakan para ahli virus dan epidemiologis serta dokter belajar tentang penyakit dan vaksin sepanjang hidup mereka.

"Jadi saya mendengarkan mereka dan menganjurkan Anda untuk mendengarkan mereka juga," kata sang Terminator.

"Tidak seorang pun dari kita yang mendapat pelajaran hanya dari menonton video dibandingkan para ahli (yang sudah lama belajar)," lanjut Schwarzenegger.

Dia mengibaratkan jika rumahnya terbakar, seseorang tidak akan mencari solusi di YouTube, tetapi harus menghubungi pemadam kebakaran.

"Jika Anda mengalami serangan jantung, Anda tidak belajar dari grup Facebook, tetapi memanggil ambulans," kata dia.

“Jadi dalam kasus (vaksin) ini, jelas-jelas para pakar yang asli menyatakan kepada kita bahwa vaksin ini aman sementara orang-orang di Facebook bilang vaksin tidak aman," kata Arnold Schwarzenegger.

“Secara umum, menurut saya, jika lingkaran orang yang Anda percaya semakin kecil dan Anda merasa terisolasi, itu tanda peringatan bahwa Anda terjerumus ke dalam jurang kesalahan informasi,” lanjutnya.

"Dibutuhkan keberanian untuk mengakui bahwa kita tidak tahu segalanya. Kelemahan adalah mengira kita tidak memerlukan pendapat pakar dan hanya mendengarkan sumber-sumber yang Anda ingin percayai," kata Arnold Schwarzenegger.

Schwarzenegger memang dikenal sangat aktif di media sosial, membicarakan isu yang sedang ramai.

Pada Juni 2020, dia berbicara soal politisasi masker wajah, dan beranggapan bahwa siapa pun yang menjadikannya masalah politik adalah orang bodoh dan tidak bisa membaca.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/22/115616566/pesan-arnold-schwarzenegger-kepada-orang-yang-meragukan-vaksin-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke