Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keliek Wicaksono Meninggal, Angga Sasongko: Perfilman Indonesia Kehilangan Salah Satu Kreator Terbaik

Hal itu diungkapkan Angga dengan mengunggah foto bersama Keliek di unggahan di akun Instagram-nya.

Selama beberapa kali bekerja sama, Angga menyebut Keliek sebagai salah satu kreator terbaik di Indonesia.

Angga menyebut Keliek sebagai kreator yang membuat benchmark atau Computer-Generated Imagery (CGI) di Indonesia. CGI merupakan wujud inovasi efek yang kerap diaplikasikan dalam pembuatan proyek film.

"Dunia film Indonesia kehilangan salah satu kreator terbaiknya. Orang yang membuat benchmark atau CGI di Indonesia," ujar Angga pada akunnya, @anggasasongko.

Angga bercerita kisah di balik foto yang diunggahnya. Saat menggarap film NKTCHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini) bersama, Angga merasakan kebaikan dari Keliek.

Saat itu, Keliek menghampirinya untuk menjelaskan tentang shot-nya atau penentuan gambar part Aurora (Rachel Amanda) bersiap untuk start lomba renang dalam film NKTCHI.

Keliek banyak memikirkan orang-orang sekeliling yang bekerja dengannya dan membuat pekerjaan lebih mudah dengan kemampuannya.

"Pagi itu, screen besar sedang dipasang sepanjang tribun. Mas Keliek menghampiri saya, minta dijelaskan lagi shotnya. Ini foto saat saya sedang cerita tentang shot Aurora remaja bersiap untuk start lomba renang di @filmnkcthi," ujar Angga.

"Mas Keliek lalu bilang; 'Kasian lihat orang - orang kesulitan pasang green screen. Nanti mataharinya juga makin tinggi, kasihan shot Mas Angga. Saya rotoscoping aja, Mas. Hasilnya pasti bagus'," ungkap Angga mengingat kebaikan Keliek.

Angga mengaku kemungkinan akan sulit mencari orang seperti Keliek. Keliek dinilai sebagai sosok yang empati dalam bekerja.

"Sepotong cerita yang menggambarkan Mas Keliek sebagai rekan dan teman bekerja. Kami bekerja bersama sejak Wiro Sableng. Sulit mencari tandingan Mas Keliek. Bukan sekedar dedikasi, tapi dari Mas Keliek kita bisa belajar bekerja dengan empati," kata Angga.

Angga juga mengungkapkan kerinduannya dengan Keliek. Dia juga menyisipkan doa untuk Keliek agar beristirahat dengan tenang.

"Istirahat yang tenang, Mas @kelikme. Saya akan kangen kerja bareng lagi. Diskusi referensi dan hal - hal yang kita impikan dieksekusi," ucap Angga.

"Peluk dan doa kami untuk keluarga ya, Mba @psychopatika (Ika Krismantari)," tambah dia.

Sebagai informasi, Keliek mengidap kanker darah sejak pertengahan tahun 2020 lalu.

Akibat penyakit yang diidapnya, Keliek harus menjalani serangkaian kemoterapi.

Ada dua proses kemoterapi untuk pasien kanker darah, yaitu induksi dan konsolidasi. Namun, proses kemoterapi itu gagal. Sebab sel kanker itu masih ada di dalam sumsum tulang.

Karena itu, Keliek harus menjalani kemoterapi dari awal dan melakukan transplatasi sumsum tulang.

Oleh karena itu, sahabat dari Keliek dan istrinya, Ika Krismantari sempat membuat beberapa penggalangan dana demi membantu pengobatan Keliek mulai dari lelang kostum Wiro Sableng, kostum pesulap film Abracadabra, hingga galang donasi di Kitabisa.com.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/05/232435066/keliek-wicaksono-meninggal-angga-sasongko-perfilman-indonesia-kehilangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke