Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Pidato Lengkap BTS di Sidang Umum PBB

Ketujuh member BTS menceritakan kisah-kisah perjuangan inspiratif mereka dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

UNICEF berharap pesan-pesan BTS mampu memberikan semangat dan menyebarkan harapan bagi generasi muda di seluruh dunia.

Berikut ini isi dari pidato lengkap BTS di Sidang Umum PBB, Rabu (23/9/2020).

RM

Sebuah kehormatan bagi kami mendapat kesempatan langka ini untuk bisa berbicara dalam Sidang Umum ke-75 PBB.

Namaku RM, leader dari grup BTS. Dua tahun lalu di sini, aku menyebut nama kalian. Aku mendorong kalian memberiku kesempatan mendengar suara kalian. Dan aku mengisi diri dengan imajinasi.

Sebagai anak dari kota kecil di Ilsan, Korea, sebagai seorang pemuda yang berdiri di UNGA, sebagai seorang warga di dunia ini, aku membayangkan kemungkinan yang tak terbatas di hadapan kita semua dan jantungku berdegup kencang.

Tetapi Covid-19 di luar bayanganku. Tur dunia kami sepenuhnya dibatalkan, semua rencana kami gagal, dan aku merasa sendirian.

Aku melihat ke langit tapi tidak bisa menemukan bintang di malam hari.

Jimin

Aku merasa putus asa, semuanya terasa hancur. Aku hanya bisa melihat keluar dari jendelaku. Aku hanya bisa pergi ke kamarku.

Kemarin aku bernyanyi dan bergoyang bersama fans dari seluruh dunia dan sekarang duniaku mengerucut hanya di dalam sebuah kamar.

Dan kemudian teman-teman menarik tanganku. Kami meyakinkan satu sama lain dan berbicara tentang apa yang bisa kami lakukan bersama.

Aku mulai terbiasa melihat seluruh dunia tenggelam secara instan. Ketika aku sedang dalam tur, aku berdiri di cahaya terang dan berteriak dengan kencang.

Namun ketika kembali ke kamarku, dunia menjadi terasa sempit. Kamarku sangat sempit tetapi duniaku dan dunia yang kami capai sangat jauh dan luas.

Dalam dunia ini kami memiliki instrumen, yaitu ponsel dan penggemar kami.

V

Tapi kali ini rasanya berbeda, aku merasa lebih kesepian dan kecil. Mengapa? Aku memikirkannya cukup lama. Menurutku mungkin karena aku menjadi semakin sulit untuk membayangkan.

Aku merasa frustasi dan sedih, akan tetapi aku mengambil buku catatanku, menulis lagu, dan memikirkan siapa aku sebelumnya.

Aku pikir, 'jika aku menyerah di sini, maka aku bukan bintang dalam hidupku. Ini adalah tindakan yang dilakukan orang hebat'.

J-Hope

Aku tidak tahu siapa yang pertama. Kami merangkul semua emosi ini dan tujuh dari kami mulai membuat musik bersama.

Inilah tempat musik berasal, dan ini membuat kami jujur.

Kehidupan tidak bisa diprediksi. Kita tidak tahu semua jawaban.

Aku tahu ke mana aku ingin pergi, tapi tidak tahu cara menuju ke sana.

Yang aku lakukan untuk bisa di titik ini adalah mempercayai diri sendiri, melakukan yang terbai, dan mencintai apa yang dikerjakan.

Jin

Aku menemukan lagi orang-orang yang aku sayang. Para member (BTS), keluargaku, dan teman-temanku. Aku menemukan lagi musik yang aku cintai da aku menemukan diriku sendiri.

Memikirkan masa depan dan bekerja keras memang penting. Tetapi menghargai diri sendiri, menyemangati, dan menjaga diri sendiri agar bahagia adalah hal yang terpenting.

Dalam dunia yang penuh ketidakpastian ini, kita harus menghargai kepentingan dari aku, kamu, dan kita.

Itulah pesan dari Love Myself yang kami bicarakan selama tiga tahun terakhir. Itu adalah pesan yang ada dalam lirik lagu kami Dynamite. I'm diamond, you know I glow up.

Jungkook

Pada satu malam kami bekerja bersama. RM berkata dia tidak bisa melihat bintang lagi tapi aku melihat wajahku tergambar di jendela. Aku melihat semua wajah kami.

Lagu-lagu kami menjadi cerita yang ingin kami bagikan kepada orang lain.

Kita hidup dalam ketidakpastian, tapi sesungguhnya, tidak ada yang berubah.

Jika ada sesuatu yang bisa aku lakukan, jika suara kami bisa memberikan kekuatan untuk orang lain, maka itulah yang kami inginkan dan itulah yang akan kami tetap lakukan.

RM

Jelang berakhirnya video, RM kembali muncul menyampakan pesaKetika mulai merasa tersesat, aku mengingat kembali wajahku di jendela, seperti yang dikatakan Jungkook. Aku mengingat kata-kata yang aku ucapkan di sini dua tahun lalu, "Love yourself, speak yourself".

Sekarang, lebih dari sebelumnya, kita harus mencoba untuk mengingat kembali siapa diri kita, dan menghadapi siapa kita.

Kita harus mencoba mencintai diri kita sendiri dan membayangkan kembali masa depan. BTS akan selalu bersama kalian.

Hari esok mungkin akan terasa gelap, menyakitkan, dan sulit bagi kita. Kita mungkin saja tersandung atau jatuh.

Namun bintang-bintang bersinar terang saat malam terasa begitu gelap.

Jika semua bintang bersembunyi, kami akan meminta bulan menerangi kami. Bahkan jika bulan sedang gelap, biarkan wajah kami menjadi cahaya yang membantu menemukan jalan.

Kita meringkuk bersama kelelahan, tapi mari kita bermimpi lagi. Mari bermimpi tentang masa depan ketika dunia sudah bukan dari dalam kamar kecil kita lagi.

Mungkin rasanya seperti malam yang tak kunjung berakhir dan kami akan selalu merasa sendirian tapi malam selalu gelap sebelum sang fajar tiba.

BTS

Life goes on. (Hidup terus berjalan)

Life goes on. Let's live on. (Hidup terus berjalan, mari menjalaninya)

https://www.kompas.com/hype/read/2020/09/24/061100766/ini-pidato-lengkap-bts-di-sidang-umum-pbb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke