Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ayudia Bing Slamet - Ditto Percussion Bicara Karya dan Rumah Tangga

Cerita cinta Ayu dan Ditto berawal dari persahabatan yang berujung pada pernikahan.

Kisah yang awalnya mereka tulis dalam buku itu pun telah diangkat menjadi seri film bertajuk Teman Tapi Menikah atau TTM.  

Saat menjadi bintang tamu dalam Kakak Beradik Poscast yang dipandu Jordi Onsu, pasangan ini bercerita panjang tentang karya-karya serta kehidupan rumah tangga mereka.

Kompas.com merangkum cerita menarik Ayu Ditto sebagai berikut:

1. Cerita tak terungkap

Mulanya Ayu dan Ditto menyebutkan bobot cerita asli dalam dua film yang disutradarai Rako Prijanto itu. Rupanya ada bagian cerita yang tidak terungkap di dalam film.

"Jadi (film) yang pertama itu 65 persen asli 35 persen itu bumbu. Kalau yang kedua 95 persen asli," kata Ayu seperti dikutip Kompas.com di kanal YouTube MOP Channel, Senin (13/7/2020). 

Ditto mengatakan, banyak cerita tentang mantan kekasihnya sebelum bersama Ayu tidak dimasukkan ke dalam film TTM 1 karena durasi yang terbatas.

"Yang hilang adalah mantan-mantan gue. Kan mantan gue biasanya banyak, dihilangkan jadi dikit. Karena durasi, harusnya kurang lebih ada beberapa mantan, tapi jadinya digabung," ucap Ditto.

Selain ada beberapa alur cerita yang dipenggal, film Teman Tapi Menikah pertama juga banyak dibumbui agar terkesan lebih dramatis.

Ayu menambahkan, pada saat Ditto mengungkapkan perasaannya, dia tidak bereaksi marah seperti yang tergambar di dalam film. 

Film Teman Tapi Menikah 1 yang dibintangi Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla telah menjadi film box office setelah ditayangkapan pada 28 Maret 2018 lalu.

Sementara film sekuelnya pun telah beredar di bioksop pada 27 Februari 2020 lalu dengan Mawar De Jongh yang menggantikan posisi Vanesha memerankan tokoh Ayu.

2. Alasan Ditto langsung pinang Ayu

Ditto Percussion mengungkapkan alasan langsung meminang Ayudia, setelah mereka bersahabat sejak duduk di bangku SMP.

Ditto mengaku dia tidak pernah mengajak Ayu berpacaran.

"Kami enggak pernah nembak, gue langsung ngajaknya nikah," kata Ditto. 

Ditto menjelaskan, saat itu dia khawatir akan kehilangan Ayu bila hanya menjalin hubungan pacaran.

Ia pun memutuskan untuk memiliki Ayu seutuhnya dalam sebuah bahtera rumah tangga.

"Prosesnya adalah saat lu bilang sahabat lu suka, gue takutnya kalau pacaran nanti putus, jadi rusak persahabatannya. Nah akhirnya gua ngajak nikah," tutur Ditto.

"Karena diajak pacaran juga buat apa karena menurut gua kalau gua ajak dia pacaran nanti pasti putus, daripada gua kehilangan dia," lanjutnya. 

Ayu dan Ditto akhirnya menikah pada 13 September 2015. Kabar pernikahan mereka pun heboh ketika banyak orang mengetahui hubungan mereka diawali dengan persahabatan.

Tagar Teman Tapi Menikah kemudian menjadi populer di media sosial.

Kini mereka telah dikaruniai seorang putra bernama Sekala Bumi yang lahir pada 25 Mei 2016.

3. Buku TTM jadi seserahan

Ditto merasa senang kisah percintaannya dengan Ayu menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama mereka yang terjebak dalam hubungan persahabatan. 

Ditto bercerita, dia bertemu banyak orang yang tidak bisa mengungkapkan perasaan kepada sahabatnya.

"Kalau gue pribadi yang gue senang dari karya ini, karena ternyata setelah banyak orang itu cerita sama gue itu susah banget keluar dari friend zone," kata Ditto.

"Gue enggak tahu kenapa mereka susah mengungkapkan. Udah nikah sama orang lain, baru cerita 'aduh aku nikah sama orang lain, tapi aku masih sayang sama sahabat aku'," lanjutnya.

Kemudian, kata Ditto, kemunculan buku Teman Tapi Menikah rupanya memberi angin segar kepada pasangan yang ingin keluar dari lingkaran friendzone. 

Bahkan, banyak dari pasangan itu yang menjadikan buku yang Ditto tulis bersama sang istri menjadi seserahan.

"Ya beruntung gue bisa melebarkan si buku Teman Tapi Menikah ini, jadi orang lebih berani, ungkapinnya tinggal kasih bukunya itu dan banyak yang ngasih jadi seserahan. Itu gue terharunya di situ," tutur Ditto.

"Iya benar. Jadi karena akhirnya dia berhasil menikahi sahabatnya si buku ini jadi seserahan," sambung Ayu.

4. Sering bertengkar saat pelesiran

Ayu dan Ditto mengakui sering bertengkar saat pelesiran ke luar negeri gara-gara urusan mobil.

"Kalau untuk berantemnya gue merasa prepare untuk rental mobil itu hal pertama yang bikin berantem, itu pasti," kata Ditto. 

Ayu menjelaskan, dia dan Ditto selalu berbagi tugas saat melakukan perjalanan. Namun, Ditto kerap keliru ketika menjalankan tugasnya.

"Misalnya, Ditto ngurusin rental, gua jagain Sekala sama koper. Ada momen Ditto booking-nya salah gara-gara dia enggak ngerti Bahasa Inggris ha-ha-ha. Akhirnya gue, gue lagi," tutur Ayu.

Mendengarkan cerita Ayu, Ditto pun membela diri.

"Gue kira oke, oke aja tuh di email yes or no, gue enggak kasih tahu Ayu. Gue juga kan bingung ya," kata Ditto. 

"Setiap mau barangkat dia nanya Mas mobil sudah disewa belum? Sudah tahu gue enggak bisa bahasa Inggris, dia nyuruh gue sewa mobil yang salah siapa?" tambahnya.

Meski demikian, Ayu justru mengaku dia sangat menikmati momen-momen seperti itu.

"Gue sama Ditto sih sudah menikmati apapun perdebatan itu. Karena namanya nikah kan memang enggak bisa kemana-mana lu mau berantem ya harus dihadapin," ujar Ayudia Bing Slamet. 

https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/14/122538766/ayudia-bing-slamet-ditto-percussion-bicara-karya-dan-rumah-tangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke