Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Patuhi Social Distancing, Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun, dan Mingyu Nongkrong di Itaewon

Mereka terlihat berada di kawasan terkenal itu pada 25 April. Padahal pada tanggal itu Pusat Pengendalian Penyakit Korea (KCDC) secara resmi meminta masyarakat berhati-hati dan menerapkan social distancing.

Dispatch mengatakan bahwa mereka mengonfirmasi rumor yang menyebut Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun dan Mingyu bersama.

Mereka juga mengunjungi restoran serta dua tempat hiburan.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana menangani kunjungan mereka setelah munculnya kasus baru di Itaewon.

KCDC meminta semua orang yang mengunjungi Itaewon antara 24 April hingga 6 Mei melakukan tes, dan itu termasuk empat idol tersebut.

Setelah diperiksa, keempatnya mendapat hasil negatif. Namun KCDC merekomendasikan agar mereka melakukan isolasi diri selama dua minggu karena itu masa inkubasi virus.

Artinya mereka berempat harus tetap di dalam rumah hingga tanggal 10 Mei.

Padahal, Cha Eunwoo harus mulai promosi comeback bersama ASTRO tanggal 7 Mei. Dia tampil di Cultwo Show dan Hidden Track.

Dia juga muncul di Music Bank pada tanggal 8 Mei, dan Music Core pada 9 Mei.

Sementara Jaehyun melanjutkan tugas sebagai MC Inkigayo, muncul untuk episode tanggal 26 April dan 3 Mei serta 10 Mei. Baik Jungkook dan Mingyu tidak ada jadwal resmi.

Seorang saksi dari Itaewon yang kebetulan ada di tempat yang sama dengan keempat idol itu mengaku sudah menjalani tes Covid-19.

"Saya ada di tempat yang sama (dengan idol), dan saya dites negatif. Meskipun demikian, saya mengisolasi diri selama dua minggu," kata orang tersebut.

Menurut dia, akan jadi masalah jika orang yang sudah berkunjung ke Itaewon berlaku seperit tidak terjadi apa-apa lalu melakukan aktivitas seperti biasa.

Saat ini tempat yang dikunjungi keempat idola itu ditutup untuk sementara karena rekomendasi social distancing.

Tempat itu merupakan campuran antara bar dan klub, dimana masih sulit menerapkan social distancing karena situasi tempatnya.

Agensi para artis pun mendapat kecaman keras karena menolak memberi konfirmasi dengan alasan itu adalah kehidupan pribadi para idola.

Agensi-agensi dianggap tidak bertanggung jawab karena tidak memberitahukan apa yang terjadi dan tidak mematuhi permintaan KCDC untuk melakukan social distancing.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/05/18/124940266/tak-patuhi-social-distancing-jungkook-cha-eunwoo-jaehyun-dan-mingyu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke