Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daniel Mananta: Suka Khawatir Orang Enggak Suka Lagi Sama Gue

"Kita harus tahulah kapan kita mengatakan 'tidak', karena enggak semuanya harus kita iyain. Maksudnya ajakan-ajakan yang enggak baik, sesuatu hal yang negatif, sesuatu yang tidak produktif," ujar Merry Riana dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (30/4/2020).

"Bahkan sebanarnya ada dua hal yang baik pun, ya kita sometimes harus memilih to say no on the other one, to get a better one," sambung Merry Riana.

Daniel Mananta menyetujui saran Merry Riana.

Ia mengaku, selama ini ia sering kesulitan untuk mengucap tidak karena sungkan.

"Gue belajar how to say no baru-baru ini sih to be honest. Itu gila banget sih gara-gara gue orangnya enggak enakan banget, dan gue orangnya kayak suka khawatir kalau orang enggak suka lagi sama gue," ungkap Daniel Mananta.

Setelah mencoba untuk menghilangkan rasa sungkan, Daniel menyebut itu merupakan pelajaran terbesar yang dirasakannya.

"Akhirnya baru-baru ini gue berani ngomong no and it's the biggest lesson that I learn. Apalagi kan kita hidup di Indonesia dengan budaya yang sangat semuanya serba 'oke', enggak enakan gitu kan," tutur Daniel.

Merry Riana melanjutkan, ketika mengatakan tidak pada sesuatu sebenarnya kita sedang memperjuangkan sesuatu lain yang lebih penting.

"Contohnya, kita mengiyakan banyak hal. Padahal sebenarnya kita juga tahu itu akan mengorbankan hal-hal lain yang juga penting dalam hidup mungkin keluarga, studi, prime time," ucap Merry Riana.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/30/205800466/daniel-mananta--suka-khawatir-orang-enggak-suka-lagi-sama-gue

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke