Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hannah Al Rasyid Sedih Hari Kartini Hanya Dirayakan dengan Kebaya

"Buat gue sosok kartini sangat spesial  tapi memang gue ngerasa somehow dalam sejarah Indonesia sosok Kartini dikasih arti baru, di mana sosok Kartini sempat didomestikkan," kata Hannah seperti dikutip Kompas.com.

Saat Live Instagram bersama @cgv.id, Hannah mengaku sedih bila hari besar untuk para perempuan Indonesia ini hanya dirayakan dengan penampilan fisik saja.

"Makanya aku agak sedih melihat Hari Kartini hanya dirayakan dengan pakai kebaya atau dandan. Padahal menjadi perempuan lebih besar dari itu," ucap Hannah.

Ia tidak menilai hal tersebut salah, tetapi bagi bintang film Aruna & Lidahnya itu, perempuan jauh lebih besar dari sekadar kebaya dan penampilan fisik.


"Bukan berarti hal itu salah, cuma yang kita harus sadar kita lebih dari kebaya, lebih dari penampilan fisik kita," kata Hannah.

Ia sendiri dikenal sebagai salah satu selebritas sekaligus aktivis yang gencar menyuarakan tentang perempuan.

Hannah menyebutkan, Kartini adalah sosok perempuan hebat yang dimiliki bangsa ini.

"Gue membaca surat-surat Kartini, dia adalah orang yang radikal loh, pemberontak sebenarnya pada zamannya. Memperjuangkan kesetaraan gender, dia perjuangkan edukasi buat perempuan, itu luar biasa banget," ucap Hannah.

"Kartini masa kini adalah perempuan yang selalu memperjuangkannya dan hak juga hak orang lain yang tertindas," tambahnya.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/21/180927166/hannah-al-rasyid-sedih-hari-kartini-hanya-dirayakan-dengan-kebaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke