Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita 3 Selebritas Indonesia Membuat dan Bagikan Masker Kain untuk Cegah Corona

Seperti ketika sarung tangan karet yang diganti dengan sarung tangan plastik ataupun plastik biasa, hingga masker.

Terbatasnya jumlah masker, membuat banyak orang memilih untuk menjahit masker sendiri sesuai ketentuan yang ada sebagai pelindung diri.

Berikut tiga selebritas Tanah Air yang tidak hanya mengajarkan serta mengimbau penggunaan masker kain, tetapi juga membuat dan menyalurkannya pada orang lain.

Ivan Gunawan

Perancang busana dan pembawa acara Ivan Gunawan baru-baru ini membagikan 1.000 masker kain untuk masyarakat biasa, bukan petugas medis dan pasien positif Covid-19.

Bekerjasama dengan Yayasan Dunia Mega Bintang, Ivan menyumbangkan 1.000 masker kain secara gratis pada orang yang membutuhkan.

"Lewat butik saya, saya mencoba membuat masker dari kain dan ternyata menurut saya masker ini sangat efektif," kata Ivan dalam Instagram-nya.

Ia mengatakan, "masker ini memang tidak diperuntukan buat teman-teman yang bekerja di rumah sakit, tapi buat kita bisa dipergunakan sehari-hari."

Soimah

Soimah mengajak masyarakat untuk tidak bergantung pada bantuan. Ia menyarankan agar menjadikan bahan yang ada sebagai bahan pembuatan masker kain.

"Kainnya enggak butuh banyak kok, minimal bikin buat keluarga sendiri, jaga-jaga, syukur-syukur bisa bikin banyak," katanya dikutip Kompas.com dari Instagram-nya, @showimah.

Soimah juga menyarankan untuk membagi masker buatan sendiri itu pada orang lain, jika ada bahan berlebih.

Penyanyi kelahiran Pati, Jawa Tengah itu juga mengingatkan tentang keterbatasan jumlah masker, sehingga meminta kesadaran semua orang untuk memberikan masker-masker medis bagi para tenaga medis.

"Karena masker medis biarkan saja tenaga medis yang pakai. Karena sekarang, kan, sudah susah dan mahal harganya," ucap Soimah.

Agni Pratistha

Agni membuat masker kain yang dijahitnya sendiri dan diberikan gratis untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

Di tengah kesibukannya sebagai ibu dari tiga orang anak, Agni meluangkan waktunya untuk menjahit masker kain agar bisa diberikan pada orang lain.

"Saya tahu itu tidak sempurna dan tidak seefektif masker N95 (dan saya butuh waktu lama untuk membuatnya karena saya harus mengatasi 3 anak di rumah) tetapi saya ingin berbagi masker kain ini untuk mereka yang membutuhkannya," tulis Agni.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/06/080416366/cerita-3-selebritas-indonesia-membuat-dan-bagikan-masker-kain-untuk-cegah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke