Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Morgue Vanguard Terjun ke Musik Hip Hop

Seperti dikutip Kompas.com dari tayangan YouTube Billboard Indonesia, Rabu (4/12/2019), Morgue Vanguard mulai menceritakan awal ketertarikan digenre musik hip hop.

Pria asal Bandung ini menyukai musik hip hop pada 1983. Di era tersebut, musik hip hop menjalar masuk Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, Morgue Vanguard mencari tahu mengenai musik itu.

“Mulai tahu (musik) hip hop tahun itu tahu 1983 atau 1984 lah. Pas pertama kali breakdance masuk Indonesia, saya kelas 3 SMA,” kata Morgue Vanguard.

"Waktu itu memang wajar mengenal hip hop di era tersebut. Saya mengenal satu pattern olah vokal, rap dari breakdance,” sambungnya.

Setelah mulai mengenal musik hip hop, Morgue Vanguard mulai mengenal ajang kompetisi. Hingga akhirnya dia berkenalan dengan peserta lain dan terbentuklah grup Homocide.

“Sebenarnya mulai perform setelah lulus SMA. Itu perform di kompetisi rap fahun 1993 lah era itu. Kalau bisa dibilang gelombang kedua hip hop datang ke Indonesia. Nah di era itu saya mulai manggung dan ketemu sama yang lain-lain bikin Homocide,” tuturnya.

Sayang Homicide telah bubar sejak 2007 silam. Ucok alias Morgue Vanguard kembali bercerita, dia mulai membuat karya sendiri dan berkolaborasi dengan yang lain sejak 2014.

“Pendek cerita Homocide bubar di 2007 dari sejak itu bikin materi sendiri. Saya semacam bikin kolaborasi dan ngeluarin album tahun 2014.

“Setelah itu bikin lagi Bars of Death bareng Aji dan Ilham juga sampe sekarang belum rilis album. Di samping itu saya ngerilis album bareng Doyz 2018 kemarin,” ucapnya.

https://www.kompas.com/hype/read/2019/12/04/145718966/cerita-morgue-vanguard-terjun-ke-musik-hip-hop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke