Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Mengajak Anjing Peliharaan Main ke "Dog Park"?

Kompas.com - 04/06/2022, 21:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Area Jabodetabek sudah memiliki beberapa taman anjing atau dog park yang patut dikunjungi oleh setiap pemilik anjing.

Adapun cara ini berguna untuk mendorong anjing peliharaan bersosialisasi dengan anjing lainnya, serta membuat mereka merasa terhibur karena diajak jalan-jalan ke luar rumah.

Baca juga: Sederet Bahaya Memberikan Makanan Kucing pada Anjing Peliharaan

Taman anjing memang dikhususkan bagi anjing untuk berkegiatan dengan bebas di luar ruangan. Suasananya pun dibuat sedemikian rupa untuk memastikan sahabat bulu merasa nyaman.

Meski demikian, apakah aman untuk mengajak anjing peliharaan mengunjungi taman anjing? Simak selengkapnya, seperti Dikutip Daily Paws, Sabtu (4/6/2022).

Tidak semua anjing bisa diajak ke taman anjing

Ilustrasi anjing berguling-guling di rumput.SHUTTERSTOCK / grafvision Ilustrasi anjing berguling-guling di rumput.

Natalie Marks selaku dokter hewan di VCA Blum Animal Hospital, California, Amerika Serikat (AS), mengatakan, tidak semua anjing bisa pergi ke taman anjing dan merasa nyaman selama berada di sana.

“Bagi beberapa anak anjing, taman anjing bisa menjadi tempat yang menakutkan. Membawa anjing yang ketakutan ke taman anjing bisa sangat berbahaya,” tutur Marks yang juga menjadi salah satu pendiri Top Vets Talk Pets.

Apabila anjing cenderung merasa cemas atau reaktif terhadap anjing lain, sebaiknya urungkan niat untuk mengajaknya bermain di taman anjing.

Tanda taman anjing harus dihindari

Anjing peliharaan yang sudah merasa takut atau cemas di rumah berisiko tinggi untuk terlibat dalam pertengkaran dengan anjing lain di taman anjing.

Marks mengatakan, kamu perlu menghindari taman anjing jika sahabat bulu menunjukkan salah satu dari perilaku ketakutan atau kecemasan seperti sering menguap, mondar-mandir, dan terengah-engah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com