Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2021, 17:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kucing mungkin telah memperhatikan bahwa kucing mereka memiliki obsesi yang jelas dengan sepatu, apakah itu mengendusnya, memukulnya, dan bahkan tidur di  atas sepatu mereka. Pertanyaannya adalah mengapa kucing sangat suka tidur dengan sepatu?

Melansir The Spruce, Sabtu (17/7/2021), jumlah reseptor penciuman dalam saluran hidung menunjukkan kekuatan indera penciuman seseorang, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Veterinary Science.

Dengan sekitar 100 juta reseptor penciuman di rongga hidung, indera penciuman kucing sekitar 20 kali lebih kuat daripada manusia yang hanya 5 juta.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Akur di Rumah

Dan hal tersebut menjadi dasar alasan mengapa mereka menyukai mengendus sepatu pemiliknya. Berikut beberapa alasan mengapa kucing menyukai mengendus sepatu pemiliknya.

1. Bau yang familiar

Untuk kucing, indera penciuman mereka mungkin yang paling penting dari panca indera mereka. Ini empat belas kali lebih kuat dari seseorang dan mereka memiliki reseptor penciuman dua kali lebih banyak di jaringan hidung mereka daripada manusia.

Ilustrasi kucing PersiaUnsplash/Petra Bouchalová Ilustrasi kucing Persia

Mereka juga memiliki organ khusus yang terletak di langit-langit mulut yang disebut organ Jacobson (kadang-kadang disebut sebagai organ vemeronasal) yang sama sekali tidak dimiliki manusia.

Organ ini memungkinkan kucing untuk, pada dasarnya, merasakan aroma dan feromon di udara, memberi mereka banyak informasi tentang hewan dan manusia di daerah tersebut.

 

Baca juga: Kucing Kurang Minum? Lakukan 4 Cara Ini

Kucing secara alami ingin tahu dan akan menyelidiki bau baru, tetapi juga akan mencari bau hal-hal yang akrab bagi mereka dan yang membuat mereka merasa aman dan nyaman.

2. Wilayah yang diklaim

Kucing sendiri membuat dan mengeluarkan feromon beraroma unik mereka sendiri di kelenjar di seluruh tubuh mereka, termasuk pipi mereka.

Ketika kucing Anda menggosok wajahnya ke arah Anda atau suatu benda (atau dikenal sebagai bunting), mereka meninggalkan bekasnya sebagai cara untuk mengatakan, 'Saya pernah ke sini sebelumnya. Ini termasuk dalam ruang saya dan membuat saya merasa aman.'

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com