Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2021, 09:00 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS,com-- Belum lama ini Dr. Eric Barchas dari San Francisco Bay Area mengungkapkan pengalaman dari pembacanya yang memiliki kucing muda yang sehat, namun mengalami kematian mendadak.

Barchas mengatakan, kematian mendadak dari kucing membuat pemilik terkejut dan merasa penasaran akan apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam kasus kematian mendadak pada kucing, banyak kemungkinan yang terjadi, salah satunya, penyakit jantung.  

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Peliharaan Sudah Berusia 5 Tahun

Penyakit jantung pada kucing

Pada manusia, penyakit jantung, kebanyakan berhubungan dengan gaya hidup.

Terlalu banyak bir, terlalu banyak sosis, terlalu banyak rokok, terlalu banyak waktu di depan TV, dan terlalu sedikit olahraga sepanjang hidup adalah beberapa penyebab serangan jantung manusia.

Dilansir dari Catster, Kamis (15/7/2021), penyakit jantung berbeda pada kucing. Bentuk paling umum dari penyakit jantung, kardiomiopati, tidak berhubungan dengan gaya hidup.

Itu hal yang baik, karena kucing adalah hewan yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur dan bermalas-malasan.

Kardiomiopati adalah penyakit organik yang tampaknya memiliki komponen herediter yang kuat. Ini paling umum terjadi pada kucing jenis Maine Coon dan Persia, tetapi semua jenis kucing (serta individu ras campuran) bisa juga mengembangkan kondisi ini.

Kardiomiopati menyebabkan otot-otot jantung berkembang tidak semestinya, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Efeknya mungkin pertama kali dirasakan pada usia berapa pun mulai dari 6 bulan ke atas. Kardiomiopati sering menyerang kucing muda yang tampak sehat.

Dan, yang mengejutkan, gejala pertama seringkali adalah kematian mendadak pada kucing. Gejala lain yang mungkin termasuk kesulitan bernapas, intoleransi olahraga, atau pembekuan darah yang masuk ke kaki.

Baca juga: Hidung Kucing Beringus, Apakah Ini Normal?

Halaman:
Sumber Catster
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com