Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini 8 Manfaat Pasta Gigi untuk Membersihkan Rumah

Hal ini karena pasta gigi mengandung butiran halus yang berfungsi sebagai bahan abrasif ringan, baking soda, dan hidrogen peroksida yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai barang dan permukaan di rumah. 

Meski demikian, tidak semua jenis pasta gigi memiliki kandungan yang sama.

Ketik menggunakan pasta gigi untuk pembersihan, pastikan tidak menggunakan pasta gigi berjenis gel, beraroma arang, pasta gigi berwarna untuk anak-anak, atau pasta gigi dengan formula pemutih.

Hal ini karena kandungan pewarna dan bahan pemutihnya dapat menyebabkan kerusakan permanen pada benda serta permukaan yang dibersihkan. 

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Selasa, (30/4/2024), berikut beberapa manfaat pasta gigi untuk membersihkan rumah.   

Untungnya, pasta gigi dapata menghilangkan noda krayon dan spidol dari berbagai permukaan. 

Caranya, oleskan sedikit pasta gigi ke area tersebut dengan jari Anda, lalu gunakan kain mikrofiber yang sudah dibasahi untuk menggosoknya dengan gerakan memutar untu mengangkat noda. 

Membersihkan noda pada catokan rambut 

Selanjutnya, manfaat pasta gigi untuk membersihkan rumah adalah membersihkan noda pada catokan rambut.

Peralatan penata rambut, seperti catokan, dapat menumpukan noda gosong dari minyak alami  rambut dan sel-sel kulit mati seiring waktu.

Untuk mengatasinya, oleskan pasta gigi secukupnya ke kain kering, lalu gunakan untuk menggosok permukaan panas catokan dengan keras untuk mengangkat kotoran.

Setelah itu, bersihkan pasta gigi dan sisa produk menggunakan kain lembap dan pastikan membiarkan alat penata rambut mengering sebelum digunakan kembali. 

Permukaan bawah setrika ini dapat mengalami penumpukan seiring waktu yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan penumpukan dari permukaan bawah setrika yang lengket atau membersihkan bekas gosong.

Pastikan menunggu tapak setrika benar-benar dingin sebelum mengoleskan sedikit pasta gigi ke kain kering. Setelah itu, bersihkan sisa pasta gigi dan membersihkan tapak setrika dengan kain bersih yang telah dibasahi. 

Penumpukan sisa sabun

Penumpukan sisa sabun di wastafel, pintu kamar mandi, dan bak kamar mandi dengan diatasi dengan pasta gigi.

Caranya, oleskan sedikit pasta gigi ke kain mikrofiber yang telah dibasahi, gunakan tekanan kuat untuk menggosok sisa sabun dari permukaan kamar mandi.

Setelah itu, bilas kain tersebut,  bersihkan sisa pasta gigi dan sabun yang terangkat, lalu pastikan mengeringkannya dengan baik. 

Caranya, cukup teteskan sedikit pasta gigi di ujung jari dan gunakan untuk menggosok goresan kecil secara lembut.

Setelah itu, lap pasta gigi dari layar menggunakan kain mikrofiber yang sedikit lembap.

Menghilangkan bau makanan

Bau makanan yang sulit dihilangkan dari tangan, talenan, dan wadah penyimpanan makanan dapat dengan mudah diatasi menggunakan pasta gigi.

Caranya, gunakan pasta gigi sebagai pengganti sabun tangan atau sabun cuci piring, kemudian cuci talenan dan benda yang berbau dengan pasta gigi, lalu bilas bagian tersebut seperti biasa. 

Menghilangkan noda kopi dan teh di gelas

Menghilangkan noda kopi dan teh di gelas juga menjadi manfaat pasta gigi lainnya. 

Caranya, aplikasikan pasta gigi pada spons yang sudah dibasahi, kemudian gosok gelas dengan lembut, dam bilas hingga bersih untuk menghilangkan sisa pasta gigi.

Mencegah cermin berembun

Terakhir, manfaat pasta gigi untuk membersihkan rumah adalah mencegah cermin berembun. 

Cermin berembun sering terjadi setelah mandi air panas atau berada di bak mandi beruap. Untungnya, pasta gigi dapat mengataasi masalah ini.

Caranya, oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan cermin, kemudian bersihkan dengan cepat sebelum mandi.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/30/080033576/catat-ini-8-manfaat-pasta-gigi-untuk-membersihkan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke