Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Merawat Lidah Mertua di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 27/05/2024, 19:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang mudah ditanam dan dirawat di rumah. 

Tanaman ini banyak disukai karena perawatanya cukup mudah dan tampilannya cantik, sehingga bisa menjadi ornamen dekorasi rumah. 

Baca juga: Manfaat Lidah Mertua di Kamar, Bersihkan Udara dan Bikin Tidur Nyenyak

Selain itu, merawat lidah mertua di rumah juga mendatangkan banyak manfaat. Dikutip dari Jay Scotts Collection, Senin (17/5/2024), berikut ini beberapa manfaat merawat lidah mertua di rumah

Menjadi ornamen dekorasi yang cantik

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat. SHUTTERSTOCK/WUT_MOPPIE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat.

Lidah mertua menjadi tanaman hias yang banyak dipilih sebagai ornamen dekorasi. Sebab, tanaman ini memiliki daun yang unik dan indah. 

Daun lidah mertua memiliki bentuk runcing seperti pedang dengan motif yang menarik. Tampilan ini membuat lidah mertua menarik perhatian dari segala sudut. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Manfaat Lidah Mertua untuk Rumah

Baik untuk kesehatan mental

Selanjutnya, manfaat merawat lidah mertua di rumah yaitu baik untuk kesehatan mental. Tanaman hias ini akan membuat rumah lebih tenang dan nyaman. 

Selain itu, lidah mertua juga mampu menghasilkan oksigen cukup tinggi yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi positif di rumah. 

Merawat tanaman lidah mertua di rumah juga bisa mengurangi kecemasan dan stres. Aktivitas merawat tanaman hias di rumah dipercaya dapat menghadirkan kebahagiaan tersendiri. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua agar Tumbuh Subur

Membersihkan udara di dalam ruangan

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, lidah mertua juga bisa menjaga kesehatan fisik. Sebab, tanaman ini mampu menghasilkan oksigen murni yang membuat udara lebih segar. 

Bagi penyintas alergi, udara segar sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, lidah mertua juga bisa menghilangkan polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan. 

Tanaman lidah mertua juga mampu menyerap jamur dan racun kanker dari udara seperti benzena, formaldehida, xilena, karbon monoksida, dan toluena. 

Manfaat menurut feng shui

Menurut feng shui, tanaman lidah mertua juga membawa dampak positif. Daunnya yang seperti pedang menyerupai kekuatan dalam menghadapi kesulitan yang nantinya bisa membawa kekayaan dan keberuntungan bagi pemiliknya. 

Selain itu, meletakkan lidah mertua di tempat yang tepat juga dipercaya bisa melindungi diri dari energi negatif. 

Baca juga: Lidah Mertua Termasuk Tanaman Buruk Dalam Feng Shui, Betulkah?

Perawatannya mudah

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua.Shutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi tanaman hias lidah mertua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com