Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Membuang Ikan Mati ke Kloset?

Ada banyak penyebab ikan mati, seperti penyakit, stres, dan perubahan lingkungan. Ikan mati juga dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan parasit sehingga perlu segera mengubur ikan mati.   

Namun, tak jarang, beberapa orang memilih membuang ikan mari ke kloset. Lantas, bolehkah membuang ikan mati ke kloset? 

Jelas saja, membuang ikan mati ke kloset tidak dibolehkan karena memberikan sejumlah dampak negatif, baik pada sistem septik maupun lingkungan.

Dikutip dari House Digest, Selasa (3/10/2023), berikut sejumlah dampak buruk membuang ikan mati ke kloset. 

Membuang ikan mati ke kloset dapat menyebabkan masalah bagi sistem septik, seperti penyumbatan dan bau karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Selain itu, ikan mati dapat tersangkut, yang akhirnya menyumbat sistem septik atau saluran pembuangan. Hal ini juga bisa membuat rumah banjir dan menyebabkan masalah bagi sistem pembuangan limbah kota. 

Penyebaran penyakit

Ikan mati dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan penyakit, seperti diare, muntah, dan infeksi kulit.

Jika ikan mati dibuang sembarangan, bakteri dan parasit tersebut dapat menyebarkan penyakit.

Pencemaran air

Ikan mati yang sudah membusuk dapat melepaskan bahan kimia dan kuman berbahaya ke dalam air.

Bahan kimia ini dapat mencemari air dan membahayakan kehidupan makhluk air lainnya. Selain itu, ikan yang membusuk dapat menyebabkan berkembangnya alga. Alga dapat menyedot oksigen di dalam air dan mencekik hewan air lainnya.  

  • Mengubur ikan di taman

Cara ini memberikan pemakaman yang layak bagi ikan sekaligus nutrisi bagi tanah. Untuk mengubur ikan mati di taman, Anda perlu menggali lubang yang cukup dalam untuk, lalu masukkan ikan, dan tutupi dengan tanah.  

  • Mengubur ikan di pot tanaman

Jika tidak memiliki akses ke taman, cobalah mengubur ikan di pot tanaman di rumah. Anda perlu mencampur ikan dengan tanah dan kompos, kemudian campuran ini dapat digunakan untuk menanam tanaman.

  • Membuang ikan di tempat sampah

Ini adalah pilihan terakhir jika tidak ingin mengubur ikan mati di tanah. Namun, Anda perlu memasukkan ikan ke kantong plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/03/151000376/bolehkah-membuang-ikan-mati-ke-kloset-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke