Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Freezer Bau? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer berfungsi untuk menjaga makanan yang mudah rusak tetap segar dalam waktu lama dengan suhu rendah. Akan tetapi, hal yang kerap terjadi adalah freezer bau.

Nah, kenapa freezer bau dan bagaimana cara mengatasinya? Dikutip dari Nine News, Selasa (9/5/2023), berikut penjelasannya.

Mikroba yang kuat dan bahan kimia yang menyengat

Ada beberapa penyebab bau tidak sedap yang berasal dari freezer. Biasanya, penyebabnya adalah mikroba, seperti bakteri, ragi dan jamur.

Meskipun freezer secara dramatis memperlambat pertumbuhan mikroba pembusuk yang paling umum, beberapa masih dapat berkembang jika suhu naik di atas minus 18 derajat celcius. Ini adalah suhu freezer yang disarankan.

Hal ini dapat terjadi jika terjadi pemadaman listrik selama lebih dari beberapa jam, atau jika Anda langsung memasukkan sesuatu yang panas ke dalam freezer.

Tumpahan makanan dan wadah terbuka memberikan kesempatan bagi mikroba untuk bekerja.

Perlu juga dicatat bahwa banyak mikroba akan bertahan dari pembekuan dan mulai tumbuh lagi setelah kondisinya memungkinkan. Misalnya, jika Anda menyimpan makanan, mencairkannya sebagian, dan mengembalikannya ke freezer.

Dua hal terjadi ketika makanan rusak. Pertama, saat mikroba mulai tumbuh, beberapa bahan kimia diproduksi.

Kedua, lemak dan rasa yang merupakan bagian dari makanan itu sendiri dapat dan akan dilepaskan.

Ini umumnya disebut sebagai senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Itu adalah aroma menyenangkan yang kita rasakan saat kita makan, tetapi VOC juga bisa diproduksi oleh bakteri.

Sebagai contoh, banyak dari kita akan akrab dengan bau yang berasal dari fermentasi, yakni proses mikroba.

Saat memfermentasi makanan, kita dengan sengaja mengkontaminasinya dengan mikroba yang diketahui karakteristiknya, atau menyediakan kondisi yang mendukung pertumbuhan mikroba yang diinginkan dan produksi senyawa aromatik selanjutnya.

Sebaliknya, pembusukan makanan yang tidak terkendali menimbulkan masalah, terutama ketika mikroba pencemar dapat menyebabkan penyakit.

Pembekuan mengubah makanan

Bukan hanya pertumbuhan mikroba yang dapat menyebabkan bau yang tidak diinginkan. Ada serangkaian proses kimia yang terjadi di dalam freezer juga.

Pembekuan menyebabkan perubahan fisik pada makanan, seringkali meningkatkan kerusakannya. Banyak dari kita akan akrab dengan "freezer burn" pada daging dan makanan lain, serta bunga es pada makanan beku.

Fenomena ini disebut "penolakan garam". Bergantung pada seberapa cepat sesuatu membeku, garam terkadang dapat terkonsentrasi, karena air murni membeku pada suhu yang lebih tinggi daripada air dengan zat terlarut di dalamnya, seperti gula dan garam.

Saat air dalam makanan membeku, molekul organik terkonsentrasi dan dikeluarkan. Jika ini mudah menguap, mereka bergerak di sekitar freezer dan menempel pada benda lain.

Di mana mereka berakhir tergantung pada apa lagi yang ada di sekitar.

Cara mengatasi freezer bau

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi freezer bau.

Pertama, cobalah untuk mencegah bau tidak sedap dengan menutup makanan. Jika Anda menempatkan makanan dalam wadah kedap udara, ini akan sangat memperlambat pelepasan senyawa aromatik yang diproduksi oleh bakteri atau makanan itu sendiri.

Jika baunya sudah tercium, Anda bisa menghilangkannya dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, termasuk membersihkan freezer secara menyeluruh. Berikut cara membersihkan freezer.

Keluarkan semua bahan makanan dari freezer dan periksa makanan apakah ada pembusukan, freezer hangus, atau bau tidak sedap. Buang apa pun yang telah membentuk bunga es dan simpan sisanya di kotak pendingin saat disimpan di freezer itu sendiri.

Anda juga harus memeriksa kulkas dan membuang makanan yang berbau tidak sedap.


Setelah Anda mengeluarkan semua bahan makanan, keluarkan rak dan bersihkan tumpahan atau remah-remah. Lap semua permukaan menggunakan air sabun hangat atau campuran dua sendok makan baking soda dengan air hangat.

Cuci semua rak dan kompartemen es dan biarkan hingga benar-benar kering.

Menempatkan soda kue di dalam freezer sebelum memasukkan makanan dapat membantu menyerap sisa bau. Untuk bau serius di mana celah atau insulasi terkontaminasi, Anda mungkin memerlukan bantuan teknisi servis.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/09/210000576/kenapa-freezer-bau-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke