Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kegunaan Krim Tartar untuk Membersihkan Rumah

Asam organik, yang juga dikenal sebagai kalium bitartrat, adalah bahan pokok untuk membuat selai, jeli, permen, dan berbagai makanan yang dipanggang. 

Krim tartar sebenarnya terjadi secara alami pada banyak tanaman dan merupakan produk sampingan alami dari proses pembuatan minuman anggur. 

Krim tartar banyak digunakan pada berbagai olahan makanan, tetapi secara khusus dikenal karena kemampuannya membantu mengeraskan putih telur.

Meski unggul dalam menghasilkan makanan panggang yang lembut, krim tartar juga digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengontrol tingkat pH (kebasaan atau keasaman) produk, mencegah mikroorganisme, seperti bakteri tumbuh, serta menjaga bahan makanan tidak menggumpal karena kelembapan berlebihan.

Namun, seperti banyak bahan dapur lainnya, yakni baking soda dan cuka, kegunaan krim tartar tidak hanya terbatas pada membuat makanan lezat. Krim tartar bisa digunakan sebagai bahan pembersih serbaguna dan membersihkan rumah. 

Dilansir dar How Stuff Works, Rabu (3/5/2023), berikut sejumlah kegunaan krim tartar untuk membersihkan rumah.  

Sebagai solusi, menggunakan krim tartar. Caranya, cukup taburkan krim tartar di area yang sering muncul semut atau serangga lainnya di rumah. Dengan mencium krim tartar, semut secara otomatis akan menghindarinya.

Membersihkan saluran air yang tersumbat

Selanjutnya, kegunaan krim tartar untuk membersihkan rumah adalah membersihkan saluran air yang tersumbat. Kombinasikan krim tartar dengan baking soda, garam, dan air mendidih. 

Baking soda dan garam ampuh menghancurkan bahan yang menyebabkan penyumbatan dan krim tartar membersihkan logam hingga berkilau.

Sedangkan air mendidih yang dituangkan di atas campuran tersebut membantu melakukan pekerjaan semua bahan sepenuhnya. 

Menghilangkan noda

Kehabisan cairan pembersih noda semprot? Jangan khawatir, sedikit krim tartar dapat membantu mengatasi noda.

Caranya, cukup taburkan sedikit krim tartar pada noda baru yang lembap, lalu cuci pakaian seperti biasa. Ulangi jika masih terdapat noda atau belum bersih sepenuh.

Untungnya, kegunaan krim tartar lainnya adalah dapat menjadi pengganti pemutih pakaian. Atasi perubahan warna ini dengan menyemprot area yang terkena noda dengan air, kemudian oleskan krim tartar bubuk, gosokkan, dan biarkan meresap.

Selanjutnya, cuci pakaian seperti biasa dan ulangi sesuai kebutuhan.  

Membersihkan teko kopi

Kopi bisa meninggalkan residu pada teko dan cangkir kopi favorit Anda. Untungnya, krim tartar bisa membersihkan noda kopi tersebut.

Caranya, taburkan sedikit krim tartar pada bagian yang terkena noda, tambahkan air mendidih, biarkan air mendingin hingga mencapai suhu ruangan, lalu bilas. Noda kopi akan hilang dalam waktu yang lama.

Menghilangkan karat

Berkat sifat pembersih logamnya, kegunaan krim tartar dapat menghilangkan karat.

Campurkan krim tartar dengan baking soda dan hidrogen peroksida, lalu oleskan pada logam  berkarat, biarkan meresap setidaknya selama satu jam, dan seka dengan kain lembap. Ulangi sesuai kebutuhan apabila noda karat belum hilang. 

Menyegarkan tampilan panci dan wajan aluminium

Terahir, kegunaan krim tartar adalah menyegarkan tampilan panci dan wajan aluminium. Caranya, buat pasta campuran krim tartar dan cuka, kemudian oleskan pasta pada panci, dan biarkan selama setidaknya satu jam atau lebih lama.

Selanjutnya, gosok panci hingga makanan dan kotoran yang menempel menghilang, lalu blas dengan air sabun hangat.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/03/192700576/7-kegunaan-krim-tartar-untuk-membersihkan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke